Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Lembaga Dakwah Islamiyah Indonesia (LDII) Kab Rokan Hulu (Rohul) meminta petunjnuk kepada Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, terkait dengan status dan keberadaan mereka di Rokan Hulu, Selasa (14/5/2013) bertempat di Kantor Kemenag, Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah, Pasir Pengaraian.

Sebagaimana diketahui bahwa status dan keberdaan LDII selama ini dianggap aliran sesat dan bersifat eksklusif. Namun saat ini LDII telah melakukan perubahan radikal dengan istilah “Paradigma Baru”, dengan melakukan berbagai perubahan dalam bidang pemahaman keagamaan.

Hadir dalam pertemuan bersama Kakan Kemenag adalah 4 orang pengurus teras LDII Rohul, yaitu : Ketua Dewan Pembina LDII Rohul H Sumanto, Ketua Umum LDII Rohul H Arahman SPd, Sekretaris Suparwoto SPd, Seksi Pendidikan dan Dakwah H Wignyo SPd.

Kakan Kemenag menyataklan bahwa berdasarkan pengamatannya di lapangan, LDII Rohul telah memasuki paradigma baru, tidak bersifat eksklusif melainkan inklusif dan terbuka bagi semua golongan, loyal kepada Pemerintah RI berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan berada di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini dibuktikan dengan kesiapannya dibina dan dibimbing oleh Kakan Kemenag Rohul.

Selain itu, tidak menganut system ke-amir-an, bukan pelanjut islam jamaah, tidak menganggap umat Islam lain di luar kelompoknya sebagai kafir atau najis, dan bersedia bekerjasama dan mengikuti landasar berfikir keagamaan sebagaimana yang digariskan oleh MUI.

Atas dasar itu, Kakan Kemenag Rohul menyatakan bahwa tidak ada lagi alasan untuk menyatakan bahwa LDII adalah aliran sesat, mereka telah kembali ke jalan yang lurus dan benar. Namun demikian, tentu mereka perlu terus dibina, diarahkan, dan diberikan petunjuk, serta tidak boleh dijauhi dan apalagi dikucilkan. Mereka adalah saudara kita seiman dan seagama.

Pada kesempatan itu, secara khusus Kakan Kemenag menyerahkan buku kepada LDII Rohul, dengan judul : Zakat Potensi Umat yang Terlantarkan. Ahmad berharap agar zakat terus disosialisasikan kepada anggota LDII dan umat Islam secara keseluruhan, sebab zakat adalah rukun Islam yang ketiga.

Kakan Kemenag Rohul juga menerima majallah internal LDII yaitu NUANSA edisi Februari dan April, sebagai bahan informasi tentang kegiatan LDII secara nasional. Ahmad berharap supaya LDII dekat dengan umat, pemerintah, dan komponen bangsa lainnya. (r4n)