Sosialisasi rencana Aksi Nasional Hak Azazi Manusia (RANHAM) di SMAN 1 Tualang dibuka Camat Tualang Zulkifli
Sosialisasi rencana Aksi Nasional Hak Azazi Manusia (RANHAM) di SMAN 1 Tualang dibuka Camat Tualang Zulkifli

Siak (SegmenNews.com) – Untuk memberikan pengetahuan kepada para generasi muda tentang pengertian dan penerapan Hak Azazi Manusia di Indonesia, Pemkab Siak melalui Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten Siak melakukan sosialisasi tentang Rencana Aksi Nasional Hak Azazi Manusia (RANHAM) di kalangan pelajar se Kabupaten Siak.

Dalam sosialisasi RANHAM nara sumber dari berbagai lintas sektoral seperti dari Kanwil HAM Riau, kepolisian, BNK dan lainnya.

“Dipilihnya kalangan pelajar karena ditangan mereka inilah estafet kepemimpinan selanjutnya di daerah dan negara ini dan untuk Kecamatan Tualang merupakan kecamatan ke empat yang lakukan sosialisasi. Sebelumnya telah dlakukan sosialisasi di kalangan pelajar Kecamatan Kandis, Minas dan Sei Mandau,” jelas Panitia Pelaksana sosialisasi RANHAM, Amin Salihin saat melakukan sosialisasi di SMAN 1 Tualang, Senin (13/5).

Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada kalangan pelajar tentang pengertian dan penerapan HAM di Indonesia dan diharapkan mudah-mudahan dengan diberikan sosialisas ini sejak dini para pelajar telah mengerti dan memahami dengan HAM.

Dikatakan Kasubag Bantuan Hukum dan HAM Bagian Hukum Sekdakab Siak ini,bahwa digelarnya kegiatan sosialisasi ini diberikan kepada tingkat pelajar SMA yang ada di Kabupaten Siak, dengan cara mendatangi kecamatan yang ada.

Camat Tualang Zulkifli S Sos yang membuka kegiatan sosialisasi berharap agar para pelajar bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan juga dapat aktif, sehingga wadah sosialisasi benar-benar bisa dimanfaatkan untuk menambah ilmu pengetahuan terutama mengenai HAM.

“Kepada pelajar agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan aktif untuk bertanya dengan nara sumber,karena saat berguna sekali untuk pengetahuan dan pemahaman terhadap HAM ,” harap camat.

Hadir pada acara sosialisasi tersebut Sekcam Tualang Zalik Effendi S Sos, Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Tualang Zahroni MPd, Kepala SMAN 1 Tualang Drs Lahadi, Kepala SMAN 2 Tualang Drs H Soritua Hasibuan MPd, dan undangan lainnya.(adv)