Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kantor Perpustakaan dan Arsip (KPA) Kabupaten Rokan Hulu menaja pelatihan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dan Jadwal Retensi Arsip (JRA) yang diikuti oleh pegawai Badan, Kantor di wilayah Pemerintahan Rokan Hulu.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Hotel sapadia pasirpangaraian, Selasa (14/5/13). Dalam sambutan Asisten 2 Setda Rohul, Syaiful Bahri, S,Sos,Msi mengingatkan bahwa arsip adalah salah satu administrasi yang sangat penting dan vital, sebab harus tertata dengan rapi, sehingga setiap dibutuhkan akan lebih mudah mencarinya.

“Arsip kantor harus lengkap, apalgi sekarang teknologi telah berkembang, pegawai kearsipan kantor bisa menyimpannya di komputer, itu akan lebih memudahkan pendataan,” paparnya.

Sampainya, bahwa arsip sangat penting dan bahagian yang tak terpisahkan dari sistem Pemerintahan dalam penertiban administrasi di suatu instansi. Baik dalam perencanaan, pengawasan, dan pelaksanaan, semuan informasi terekam atau lebih dikenal dengan Recorder Information.

Diharapkan Sayaiful peserta memanfaatkan pelatihan ini untuk diterapkan di setiap instansi masing-masing.

Sementara itu, dalam laporan ketua panitia, H Tarmizi Ramli, Sos, MM mengungkapkan dari hasil evaluasi kantor perpustakaan dan arsip Kebupaten Rokan Hulu di badan, kantor kecamatan dan Desa masih rendah dalam pemahaman dalam mengelola dan menata arsip. (r4n)