bup prospekJakarta (SegmenNews.com) – Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si menyampaikan paparan terkait  CPO dan industri hilirnya pada acara forum bisnis Apkasi Pertanian, Kelautan dan perikanan di Pekan Raya Jakarta, Kamis 16/05. Turut hadir pada kesempatan tersebut sejumlah kepala Satker terkait lingkup Kabupaten Siak, dan narasumber lainnya seperti Ketua Umum AEKI Irfan Anwar, Ketua Umum GAPKI M. Fadhil Hasan, Bupati Bandung dan moderator Prof. Jafar Haruna.

Dalam paparannya Bupati menyampaikan potensi potensi yang ada di kabupaten Siak salah satunya kebun kelapa sawit dengan jumlah penyebaran luas kebun kelapa sawit 278.591,19 Ha  dan penyebaran pabrik kelapa sawit berjumlah 15 unit.

Produksi kelapa sawit masyarakat Kabupaten Siak saat ini adalah 228.392 Ha (TM) dengan produksi rata-rata 24 ton/Ha/tahun sehingga produksi pada tahun 2012 adalah 5.481.408 ton dan produksi CPO tahun 2012 setara 1.205.909,8 ton (R.22%).

Lebih lanjut Bupati menjelaskan peran Pemerintah Kabupaten Siak dalam pengembangan pembangunan perkebunan kelapa sawit dimaksudkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat secara dan secara umum meningkatkan aktivitas ekonomi daerah.   Disamping itu Bupati juga menyinggung potensi  Kawasan Industri Tanjung Buton sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan nilai tambah sumberdaya alam, antisipasi terhadap kesinambungan bahan mentah dimasa mendatang, perlu kiranya mengoptimalkan peran sektor sekunder yaitu industri.

Hal penting terkait dengan industri berbasis kelapa sawit antaralain perlu adanya regulasi yang mengatur agar CPO yang dihasilkan sebagian diolah didalsm negeri, sehingga hilirisasi produk CPO dalam negeri yang berkualitas dapat terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah kebawah, usulan penerapan dana bagi hasil pajak eksporproduk CPO antara pusat dan daerah seningga daerah memiliki sumber pendapatan lain untuk membiayai pembangunan dan mencari solusi yangefektif dalam upaya menjaga kestabilan harga buah kelapa sawit, karena selama ini harga sawit cenderung tidak stabil pada saat tertentu.

Sebelumnya Bupati Siak didampingi Ibu Ny. Hj. Misnarni Syamsuar meninjau Stand Pameran Kabupaten Siak pada ajang Promosi daerah yang menampilkan berbagai produk unggulan dari kerajinan masyarakat  yang di bina oleh Dekranasda Kabupaten Siak yang dibuka oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Menurutnya acara ini dimaksudkan untuk memfasilitasi kerja sama ekonomi antara daerah dengan investor asing yang diharapkan dapat menjembatani antara daerah dan investor.  Acara rutin tahunan ini diikuti oleh 399 kabupaten di seluruh Indonesia mulai dari tanggal 15 – 17 Mei 2013.(adv)