Teluk Kuantan (SegmenNews.com)– Buntut kerusuhan di Kecamatan Hulu Kuantan yang mengakibatkan 17 unit mobil dinas milik Pemkab Kuantan Singingi dan mobil dinas Wakapolres Kuansing dirusak OTK. Kapolsek Hulu Kuantan, AKP Suheri dicopot dari jabatannya.

“Sekarang Telegram Rahasia (TR) sudah turun, bahwa Kapolsek Hulu Kuantan segera dimutasi,” ujar Kapolres Kuansing, AKBP Wendri Purbiantoro kepada wartawan via telepon Jumat (17/5).

Mutasi itu, diduga terkait aksi kerusuhan yang terjadi di Hulu Kuantan pada Selasa (14/5) kemarin. Kerusuhan itu terjadi akibat Penertiban Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang dilakukan Tim Gabungan.

Pasalnya, Suheri dinilai tidak mampu melaksanakan tugas pengamanan saat berlangsung razia PETI di wilayah hukumnya. Sehingga, 17 mobil dirusak massa dengan beringas.

Seperti diungkapkan Wakapolres Kuansing, Kompol Haldun, beberapa waktu lalu, gagalnya AKP Suheri mengamankan kerusuhan tersebut karena 20 anggota yang dipimpinnya saat terjadi kerusuhan sedang istirahat makan siang secara bersamaan.

“Seharusnya AKP Suheri memerintahkan 20 personel itu makan bergiliran, misalnya lima personel makan dan 15 personel tetap bertugas melakukan pengamanan. Kalau seluruh petugas pengamanan dibiarkan makan secara bersamaan, jelas melanggar disiplin. Tidak ada lagi yang melakukan tugas pengamanan,” imbuhnya, kepada wartawan. (kir/knc)