int
int

Indonesia dianugerahi kekayaan alam bawah laut yang begitu melimpah. Tak heran jika negara kita memiliki banyak tempat menyelam yang populer.

Bagi penyelam profesional, Selat Pantar adalah salah satu spot yang paling indah di negeri ini. Bahkan, keindahannya dapat dibandingkan dengan Laut Karibia di dekat Amerika Tengah.

Taman Laut Nasional ini memiliki karakteristik dan keindahan bawah laut yang unik. Anda dapat menemukan beragam biota laut dan terumbu karang karena di sinilah bertemunya perairan Australia yang dingin dan perairan Indonesia yang hangat.

Saat menyelam, Anda akan dibuat tidak henti-hentinya berdecak kagum. Bagaimana tidak, di sini Anda dapat menyelam bersama sunfish dan menemukannya lebih dari sekali. Ini sungguh luar biasa!

Tak hanya biotanya yang membuat Anda terkagum-kagum, juga ada banyak tebing dan jurang di taman bawah laut ini, yang tersusun seperti rak buku. Di dalamnya menjadi tempat beragam biota dan karang yang mengagumkan bermukim.

Selat Pantar terletak di antara Pulau Alor dan Pantar di Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selat sempit ini memiliki sejumlah pulau kecil dan indah, seperti Pulau Kepa, Pura, Ternate, Buaya, dan Kepulauan Tereweng. Selat ini memiliki ombak yang kuat dan suaranya terdengar seperti suara air terjun, seperti dikutip dari Indonesiattravel.

Selain menyelam di Selat Pantar, setidaknya ada 26 lokasi menyelam di sekitar Alor yang kualitasnya sudah diakui dunia. Di antaranya adalah Pulau Kepa, Pulau Pura, Pulau Ternate, dan Pulau Matap Tanjung. Tak hanya itu saja, di Jahe Papa, penyelam bisa bermain dengan sekelompok hiu yang ramah. Hebatnya lagi, di perairan sekitar Jahe Papa, Anda juga bisa menyelam di malam hari.

Berenang bersama sunfish atau bahkan sekelompok orca liar pastinya adalah impian bagi para penyelam dimanapun. Di Alor, Anda akan mendapatkan pengalaman berharga yang tak akan terlupakan dengan menyelam dan berenang bersama sunfish.

Bagi para penyelam, Selat Pantar adalah sebuah surga di Bumi. Bagi Anda yang belum memiliki linsensi menyelam, tidak perlu sedih. Snorkeling di tempat ini juga menyenangkan. Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati suasana pantai yang tenang dan bersih di Pulau Kepa dan Alor Kecil sambil menunggu sekelompok lumba-lumba berenang riang di dalam air. **