Tim Polairud dan Syahbandar Bengkalis berusaha memadamkan api sebelum KM Samudera Letari tenggelam di laut Bengkalis. (net)
Tim Polairud dan Syahbandar Bengkalis berusaha memadamkan api sebelum KM Samudera Letari tenggelam di laut Bengkalis. (net)

Bengkalis (SegmenNews.com) – Kapal barang bermuatan sayur dan buahan KM Samudra Lestari yang berlayar dari Batam tujuan Dumai terbakar lalu tenggelam di perairan Bengkalis.

Kapal dengan nomor lambung GT-198/628 PPJ berkapasitas 300 ton, tenggelam di posisi 0142481N 10200419E perairan Tanjung Jati Bengkalis, diduga kapal tersebut terbakar akibat arus pendek pada bagian mesin kapal.

Kapolres Bengkalis AKBP Ulung Sampurna Jaya SIK saat dikonfirmasi melalui Kasat Polair AKP Angga F Herlambang SIK, Minggu (19/5) membenarkan kejadian tersebut.

“Benar, kita mendapat laporan pada pukul 06.00 pagi tadi bahwa telah terjadi kebakaran di perairan Tanjung Jati yang menimpa KM Samudra Lestari, dan langsung mengirim dua kapal Patroli kita untuk membantu proses pemadaman dan evakuasi para kru kapal” ujar Angga.

Angga memastikan dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, 11 orang kru kapal berhasil selamat dan dievakuasi menuju Bengkalis bekerjasama dengan pihak Syahbandar Bengkalis.

“Sebanyak 11 orang kru berhasil selamat dan langsung dievakuasi pihak Syahbandar, sementara anggota kita dilapangan terus bekerja mematikan api dengan peralatan seadanya. Sekitar pukul 11.00 api berhasil dipadamkan ,” kata Angga dikutip Halloriau.com.

Ketika ditanya mengenai kerugian Kasat belum bisa memastikan secara pasti berpa jumlahnya tetapi dari perkiraaan bisa mencapai milyaran rupiah termasuk muatan yang diangkut jenisa-sayur dan buah-buahan tersebut.

“Kita perkirakan kerugian mencapai milyaran rupiah, ” ujarnya singkat. (d3n)