Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menerbitkan surat edaran Nomor : Kd-04.9/PP.00.7/0693/2013 tanggal 14 Mei 2013 bertepatan dengan 7 Rajab 1434 H, tentang ketertiban menghadapi pengumuman kelulusan.

Surat edaran ini dimaksudkan untuk memberikan petunjuk kepada seluruh guru madrasah dan siswa/i madarasah se Rohul yang menamatkan pelajaran pada tahun 2013 ini, sehingga tidak menimbulkan kemubazziran, keributan, kegaduhan, keresahan dan apalagi keributan dalam masyarakat.

“Sudah menjadi kebiasaan bagi anak-anak kita, setelah tamat sekolah atau madrasah jenjang tertentu, maka anak-anak konvoi di jalan, coret-coret pakaian, dan bahkan ada yang tawuran antar pelajar,” tegas Kakan.

Kakan Kemenag menyatakan bahwa surat edaran dimaksud berisi empat hal pokok penting. Pertama, agar setiap anak didik memanjatkan doa kepada Allah SWT sehingga anak-anak madrasah lulus 100 persen. Kedua, jika telah lulus supaya sujud syukur dan menghindarkan diri dari perbuatan tercela seperti coret mencoret pakaian, konvoi dan kebut-kebutan di jalan, dan apalagi bermesraan dengan lawan jenis.

Ketiga, diharapkan agar pakaian seragam yang masih layak pakai supaya dikumpulkan di madrasah masing-masing untuk selanjutnya disumbangkan kepada kaum dhuafa’. Dan Keempat, agar seluruh Kepala Madrasah dan Majelis guru dapat menertibkan anak didiknya dan bertanggungjawab untuk melaksanakan edaran ini.

Ahmad Supardi berharap, agar anak-anak madrasah menjadi contoh teladan bagi anak-anak yang lain, menjadi pelopor akhlakul karimah, dan menjadi agent perubahan dalam masyarakat. Anak-anak madrasah adalah berasal dari masyarakat, dididik untuk keperluan masyarakat, dan akan dikembalikan kepada masyarakat.

Kakan Kemenag berharap agar surat edaran ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dan nanti akan dilakukan evaluasi untuk selanjutnya dilakukan perbaikan pada tahun-tahun mendatang. Mendidik anak-anak ini tidak bisa sambil jalan, tetapi perlu keseriusan dan keterlibatan semua pihak. (r4n/rls)