Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kakan Kemenag Rohul H Ahmad Supardi Hasibuan, menyatakan bahwa Jamaah Calon Haji (JCH) Rohul kuota 2013 supaya bersiap-siap untuk melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH), Sabtu (18/5/2013) bertempat di Kantor Kemenag Rohul, Pasir Pengaraian.

Dikatakannya, jika tidak ada aral melintang dan berdasarkan informasi yang disampaikan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag Anggito Abimanyu, dan Kabid Haji Kanwil Kemenag Riau Drs H Abd Aziz MM, insya Allah Kementerian Agama (Kemenag) akan membuka masa pelunasan BPIH mulai 22 Mei mendatang.

Ahmad Supardi berharap agar calon jamaah haji memanfaatkan masa pelunasan BPIH dengan sebaik-baiknya. Sebab, mulai tahun ini Kemenag hanya membuka satu kali masa atau gelombang pelunasan. Jika ada calon jamaah haji yang tidak melunasi BPIH pada satu gelombang pelunasan itu, otomatis kursinya hangus alias yang bersangkutan tidak mempunyai hak lagi untuk berangkat haji tahun ini.

Ahmad mengatakan, karena hanya ada satu kali kesempatan, durasi pelunasan BPIH tahun ini agak lama. Hal itu agar calon jamaah haji memiliki waktu yang cukup melakukan pelunasan. Namun demikian, pihaknya masih menunggu ketentuan batas akhir waktu pelunasan dari Kemenag Pusat.

Jika ada sisa kursi, Kemenag menerapkan skema baru untuk pengisiannya. Sisa kursi diambil untuk porsi petugas haji tambahan. Nah, sisanya dibagikan ke Kanwil Kemenag di provinsi untuk disalurkan ke jamaah lansia sesuai dengan nomor urut antrean, tegas Kakan.

BPIH 2013 untuk embarkasi Batam termasuk di dalamnya kab Rohul adalah sebesar USD 3.357 atau setara dengan Rp 32,3 juta (dengan asumsi USD 1 = Rp 9.600). Umumnya jamaah haji sudah menyetor uang muka BPIH sebesar Rp 20 juta. Artinya, uang pelunasan yang harus disiapkan calon jamaah haji sekitar Rp 12,3 juta.

Pemberangkatan JCH untuk kloter pertama adalah tanggal 10 September. Kita belum tahu JCH Rohul berada pada kloter berapa, sehingga belum dapat diputuskan kapan berangkat ke Arab Saudi dan kapan berangkat ke Batam.

JCH Rohul tahun ini berjumlah sebanyak 260 orang dan akan dberangkatkan menuju Batam dari Pasir Pengaraian dengan pesawat carteran. Pesawat pengangkut JCH sedang dicari dan insya Allah pasti akan dapat, sebagaimana halnya tahun-tahun yang lalu. (r4n)