Bupati Siak memberikan arahan
Bupati Siak memberikan arahan

Siak (SegmenNews.com)– Kelurahan Kampung Rempak terpilih menjadi tuan rumah dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi Riau, Rabu (22/5). Kegiatan ini dibuka Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi.

Dalam kata sambutannya, Syamsuar mengatakan keberhasilan suatu program pembangunan baik yang ada di pusat maupun di daerah tidak terlepas dari peran serta masyarakat.

“Peran serta masyarakat yang diabaikan dalam pembangunan dapat mengakibatkan terjadinya penyimpangan – penyimpangan terhadap tujuan dari pembangunan yaitu upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Syamsuar yang saat itu didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Siak Hj Misnarni Syamsuar, tim penilai dari provinsi, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Abdul Razak, Camat Siak, Hj Rahmawita, Lurah Kampung Rempak Amzirman dan Upika Kecamatan Siak.

Dikatakan dilibatkannya masyarakat dalam pembangunan di berbagai sektor diharapkan akan memberikan manfaat kepada masyarakat. Dimana masyarakat berkesempatan memberikan pengawasan terhadap pembangunan yang sedang berlangsung, disamping itu, motivasi untuk menjaga dan memelihara hasil–hasil pembangunan juga akan semakin tinggi.  Sebab pembangunan tidak hanya berupa pembangunan fisik saja namun pembangunan mental juga sangat diperlukan.

Untuk mengukur tingkat perkembangan pembangunan disuatu wilayah termasuk kelurahan maka perlu diadakan evaluasi setiap tahunnya, dengan demikian jika terdapat sektor–sektor pembangunan yang belum maju atau belum tersentuh maka dapat dilakukan perbaikan dimasa mendatang. Salah satu upaya untuk melakukan evaluasi tersebut adalah dengan melakukan Perlombaan Kelurahan yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Propinsi hingga ke tingkat Pusat. Pembangunan desa dan kelurahan merupakan  kegiatan pembangunan yang dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong royong masyarakat.

“Kita sangat bersyukur dengan diberlakukannya otonomi daerah, Kabupaten Siak telah dapat melakukan pembangunan di berbagai bidang,” tuturnya.

Syamsuar juga mengaku bangga karena Kelurahan Kampung Rempak telah banyak berbenah diri dan melakukan perbaikan di segala bidang. Baik dibidang administrasi maupun pelayanan terhadap masyarakat.

Hal ini dapat dilihat dari pencapaian prestasi Kelurahan Kampung Rempak pada Tahun 2011 dan 2012 dimana Kelurahan Kampung Rempak menjadi Pemenang II dalam Perlombaan Kelurahan Tingkat Kabupaten Siak, dan pada tahun ini menjadi Pemenang I untuk tingkat Kabupaten Siak.

Disamping itu orang nomor satu di Kabupaten Siak ini menjelaskan program-program pemerintah yang yang membela kepentingan masyarakat diantaranya program pendidikan 12 tahun, program Jaminan Kesehatan Masyarakat, Pelaksanaan PATEN dan lain-lain.

Sebelumnya Camat Siak, Hj Rahmawita mengatakan bahwa timnya telah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya dan apapun hasilnya pihaknya tetap bersyukur. “Kita tetap mengucapkan Alhamdulillah, karena menang atau kalah itu sama saja yang terpenting melaksanakan pencapaian kesejahteraan masyarakat, baik dalam bidang kesehatan, pendidikan dan lain-lain,” katanya.

Pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar senantiasa proaktif membantu, supaya kelurahan ini dapat tampil dengan baik, serta meraih prestasi yang dapat membanggakan semua pihak, baik warga masyarakat maupun pemerintah.

Ketua Tim Ketua Tim Penilaian Lomba Kelurahan tingkat Provinsi Riau Drs. Hasrizal, M.Si dalam sambutannya mengatakan penilaian ini adalah kelanjutan dari pelaksanaan lomba sebelumnya, jadi yang kami nilai disini adalah kelurahan yang meraih juara pertama di tingkat Kabupaten, selanjutnya akan di ikut sertakan di tingkat nasional jika berhasil menjadi juara pertama di tingkat provinsi.

Dalam penilaian ini, lanjutnya hal utama yang akan kita nilai yang pertama, profil kelurahan dimana data-data tersebut adalah data dasar dari kelurahan maupun desa yang diharapkan sudah dimasukan kedalam sistem website, karena dengan system website ini diharapkan menjadi pusat data dari desa dan kelurahan se Indonesia. Jadi semua desa dan kelurahan sekabupaten Siak ini sudah harus memasukan data desa dan kelurahannya kedalam system tersebut. Data profil tersebut dapat sebagai acuan untuk pengambilan kebijakan di tingkat atas.

Data profil desa atau kelurahan itu terdiri dari data keluarga dan data potensi, baik potensi sumber daya manusia, sumber daya alam, potensi kelembagaan serta sarana dan prasarana oleh sebab itu data tersebut harus benar-benar valid sesuai dengan kondisi yang ada di kelurahan ini.

Penilaian yang kedua adalah inovasi, bagaimana inovasi di daerah ini, inovasi apa yang sudah berkembang yang telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan, dan peran serta masyarakat di dalam pembangunan. (adv/humas)