30 orang Tim Tegana Dilatih
30 orang Tim Tegana Dilatih

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Rokan Hulu, Rabu (29/5/2013)melakukan pelatihan taruna siaga bencana (Tagana) sebanyak 30 orang, pelatihan ini dilaksanakan di samping water pront city, pinggir sungai batang lubuh, Team Tagana ini diharapkan bisa bekerja ikhlas ketika masyarakat dalam kesusahan dan kondisi bencana alam.

Menurut Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Rokan Hulu,H. Tengku Rafli Armien, S.sos kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu2 ada bencana alam, selain itu bisa juga berkoordinasi dengan Badan penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Rohul.

Ditambahkan Kadisosnakertrans ke 30 Team Tagana ini nantinya bisa bertindak cepat tanggap ke lapangan apabila terjadi Bencana di Daerahnya, sebab mereka di Rekrut dari 16 Kecamatan Se-Kabupaten Rokan Hulu, terutama Daerah Rawan Bencana.

Dalam Pelatihan ini di datangkan instruktur 4 orang yang didatangkan Dari Tagana Kota Pekanbaru.

Sebelumnyanya Dinsosnakertrans Rohul sudah memiliki 45 Team Tagana, dengan Adanya penambahan ini Menjadi 75 Petugas Tagana, sehingga diharapkan dengan adanya 75 team ini Mereka Bisa cepat bertindak apabila terjadi bencana didaerahnya.

Pelatihan ini dilakukan selama 4 Hari, dimulai dari Hari Senin (26/5/2013) sampai Hari Kamis Nanti (30/5/2013)

Menurut salah seorang Peserta Team Tagana Dari Kecamatan Rambah Hilir, Dani, Dirinya mengaku terpanggil untuk menjadi anggota Team Tagana, sebab Nantinya Bisa berbuat Untuk kecamatannya membantu korban bencana Alam. Apalagi didaerahnya sering terjadi Bencana Banjir, sehingga kegiatan ini sangat Fositif baginya. (r4n)