gadget_anakBanyak orang tua merasa lega karena memberikan gadget berisi mainan digital seperti Xbox dan iPad yang bisa membuat anak-anak menjadi tenang dan bahagia.

Padahal penelitian baru mengungkapkan, mainan inilah yang memberi kontribusi untuk menciptakan stres pada anak-anak.Mengapa?

Penjelasannya adalah karena tubuh melepaskan sedikit tingkat endorfin, serotonin, dan dopamin. Ini yang berbeda ketika kita melakukan kegiatan fisik.

Sementara bermain di luar ruang memicu pelepasan hormon tentang perasaan baik sehingga membuat anak akan lebih puas dan bahagia.

“Kita tahu bahwa menghabiskan waktu berlebihan menggunakan perangkat elektronik berbasis layar dikaitkan dengan kesulitan berkonsentrasi. Ini berlaku untuk anak-anak dan orang dewasa,” kata Linda Blair, pemimpin Klinik Psikolog yang melakukan penelitian.

“Di sisi lain, menghabiskan waktu di luar dengan udara segar, dan melakukan olah raga aerobik menyenangkan seperti berlari, berenang dan bersepeda dikaitkan dengan rasa kepuasan dan kesejahteraan,” sambungnya.

“Itu karena kegiatan ini memicu timbulnya ‘merasa baik’ karena hormon-endorfin, serotonin dan dopamin dan mengatur orang-orang yang membuat kita merasa stres dan cemas, kortisol pada khususnya,” katanya seperti dilansir dari femalefirst.

(sumber : inilah.com)