Bupati Achmad resmikan pembukaan stand pameran Peda-KTNA
Bupati Achmad resmikan pembukaan stand pameran Peda-KTNA

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi resmi membuka Perayaan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) Riau XIV bertempat di Pendopo Desa Rambah Utama, Kecamatan Rambah samo, Rokan Hulu, Senin (3/6/13)

Kegiatan yang berlangsung hingga tanggal 8 Juni mendatang ini kesempatan Kabupaten Rokan Hulu menampilkan berbagai keunggulan di instansi melalui stand pameran yang disediakan sebagai promosi Daerah. Begitu juga peserta KTNA dari Kabupaten lainnya di 11 Kabupaten di Riau kecuali Kabupaten Rokan Hilir yang tidak hadir.

Disampaikan Bupati seluruh peserta diharapkan membawa pulang produk yang promosikan untuk memajukan usaha, baik dibidang pertanian maupun peternakan. Sebab di acara ini tersedia berbagai pameran untuk peningkatan pertanian dan peternakan.

Untuk peningkatan kesejahteraan Pertanian, KTNA perlu adanya 3 unsur yakni, Komitmen, Konsisten dan Gerakan. Sebab jika ke tiga unsur tersebut di jalankan KTNA maka akan terwujud pertanian yang sejahtera.

“Kami Pemerintah Daerah Rokan Hulu sangat peduli dengan pertanian dan mensejahterakan petani,” komit Bupati.

Cerita Bupati bahwa, demi untuk pengembangan pertanian dirinya pernah mencabut perkebunan karet untuk pertanian dan persawahan. Sebab pertanian harus dipertahankan tanpa ada alih fungsi lahan pertanian ke perkebunan karet maupun sawit.

Kedepan 50 ribu lahan di Provinsi Riau menjadi sumber swasembada pangan, dari Rokan Hulu sebanyak 5 ribu hektare lahan tanaman pangan.

Kata Bupati, tak hanya tanama padi yang prospek, bahkan umbi-umbian juga sangat prospek di Rohul. “Tanggal 5 mendatang kita akan membawa investor untuk pengembangan umbi-umbian,” katanya.

Dikesempatan itu Bupati menghimbau kepada masyakat agar memberikan pelayanan yang baik kepada tamu dan peserta Peda KTNA. Apalagi peserta di tempatkan di rumah-rumah warga.

Usai pembukaan Peda KTNA, Bani (40) peserta Peda KTNA dari Kabupaten Bengkalis yang sudah hadir di kabupaten Rokan Hulu sejak Sabtu (1/6/13) lalu mengakui pelayanan masyarakat Rohul sangat baik dan ramah. Dirinya bersama 84 peserta Peda KTNA dari Bengkalis tinggal di rumah warga di Desa Rambah Utama, Kecamatan Rambah samo.

“Di Peda KTNA kali ini kami dari Bengkalis menampilkan hasil Pertanian, tanaman Buah Naga, Industri pembuatan Lempoh dan lainnya, kita harapkan kegiatan ini yang tersukses di Riau,” sampai Bani menjawab SegmenNews.com.

Dijadwalkan tanggal 5 Juni Menteri Koperasi RI, Syarif Hasan akan mengunjungi kegiatan Peda KTNA di Rohul. (adv/hum)