lanud membawa mortir
lanud membawa mortir

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Seunit Mortir panjang 2 meter dan berat sekitar 250 gram yang di temukan pemulung Warga Jalan Imam Munandar, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Bukit Raya, Jumat (7/6/2013) siang tadi diperkirakan berumur 20 tahunan.

Penemuan mortir ini awalnya diketahui oleh pemulung yang tengah mencari barang bekas dengan mengeruk tumpukan besi dan tanah di eks gudang besi tua tersebut.

Setelah ditemukan pemulung pemilik bengkel di sampingnya, Jon mengeluarkan mortir dari dalam tanah dan ditaruh di depan bengkelnya. Namun belakangan setelah satu hari berada di depan bengkel, baru diketahui mortir tersebut memiliki daya ledak tinggi oleh seorang brimob yang datang ke bengkel mobilnya.

“Kemaren ada Brimob yang datang membawa mobilnya ke bengkel. Dia lihat benda itu dan malamnya disini sudah ada police line,” ujarnya menjelang benda tersebut dibawa oleh pihak Lanud.

Sementara itu, menurut Kapten Kepala Sub Seksi Senjata Udara Lanud Pekanbaru, M Norfyanka, benda tersebut merupakan bom yang dipergunakan untuk latihan.

Diperkirakan benda tersebut telah berumur 20 tahun, dan telah dipenuhi oleh karat dengan ketebalan kira-kira 1 senti meter.

“Ini adalah salah satu yang dipergunakan untuk latihan angkatan udara,” katanya.

Lebih jauh disampaikan Norfyanka, bom tersebut tidak dalam keadaan aktif. Karena bom ini juga tidak dipergunakan untuk perang, hanya untuk latihan.

Untuk mengetahui lebih lanjutnya kemudian pihak Lanud membawanya kemarkas. Untuk kemudian di cek dan diamankan.

“Sekarang ini kita akan bawa ke markas dan kita cek dan pastikan lagi setelah itu kita amankan,” tambahnya. (kir/hlc)