aaaaSiak (SegmenNews.com) – Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dan Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi kini memiliki agenda kegiatan rutin pada setiap hari Jum’at ditiap pekannya. Kegiatan ini adalah safari jumat yang dilakukan pada setiap hari Jumat. Secara terpisah Bupati dan Wabup berkeliling mengunjungi setiap kecamatan se kabupaten Siak.

Pada kesempatan pertama Safari Jum’at (7/6), Bupati melakukan kunjungan ke beberapa desa di kecamatan Sungai Mandau. Syamsuar juga bertindak selaku khatib jumat pada sholat jumat yang diselenggarakan di masjid Mukhlisin Desa Sungai Selodang, kecamatan Sungai Mandau. Usai sholat Jum’at, rombongan safari Bupati menghadiri peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW sekaligus meresmikan Musholla Nurul Hijrah Desa Olak.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi melakukan safari di Kecamatan Dayun. Safari Wabup dilakukan di desa Buana Makmur dan Pangkalan makmur. Selain itu Alfedri juga berkesempatan melakukan penyuluhan BNK di SMP 3 Dayun sekaligus melakukan sholat jum’at di desa Pangkalan Makmur. Usai Sholat jumat, rombongan safari Wabup mengikuti wirid pengajian BKMT Buana Makmur dan kembali melakukan penyuluhan Narkoba.

Kegiatan safari tak lain tak bukan adalah bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi masyarakat dan pelaksanaan pembangunan di kecamatan-kecamatan. Tampak pula ikut bersama rombongan safari sejumlah pejabat dinas dan instansi dilingkungan pemerintah kabupaten Siak serta Ketua MUI Siak H Shofwan Shaleh. Hal ini dimaksudkan agar segala bentuk keluhan dan permasalahan yang dihimpun dari setiap safari bisa didengar dan ditanggapi langsung oleh instansi yang bersangkutan.

Ditambahkan Bupati Siak Drs H Syamsuar sebelum melaksanakan sholat jumat mengatakan bahwa safari jumat bertujuan untuk menjalin silaturrahim antara pemerintah dengan masyarakat yang jauh dipedesaan. Selain itu kunjungan ini diharapkan untuk menyedot aspirasi masyarakat baik mengenai pembangunan maupun permasalahan yang terjadi dan yang belum terselsaikan oleh pemerintah. “Kegiatan ini tentunya sebagai monitoring terhadap proyek pembangunan yang telah dilakukan oleh pmerintah daerah, sekaligus salah satu cara untuk kami agara bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada ditengah-tengah masyarakat, dengan cara mendengarkan aspirasi dari masyarakat,” papar nya.

Ditambahkan Bupati, Safari juga merupakan salah satu upaya mewujudkan visi masyarakat agamis yang telah dituangkan sebagai visi kabupaten Siak. Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat agamis harus benar-benar ada baik ditengah-tengah masyarakat perkotaan maupun masyarakat pedesaan. “Tidak hanya dari perkataan saja,” ujar nya.

Karena masyarakat melayu yang identik dengan islam sudah ada sejak zaman kesultanan Siak dulu. Akan tetapi tegas Syamsuar, Pemerintah daerah telah mengambil bagian dalam menciptakan masyarakat agamis, dengan berbagai program pembinaan sumber daya manusia islami maupun memberikan bantuan-bantuan kepada masjid, para khatib dan imam, musholla, pendidikan diniyah awaliyah dan kegiatan keagamaan lainnya.

Dalam kesempatan yang sama rombongan Safari Bupati dan Wabup juga memberikan bantuan kepada masjid masjid yang menjadi pusat kegiatan safarinya.(adv)