ilustrasi
ilustrasi

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Tegnologi pertanian yang diperlombakan dalam pelaksanaan pekan daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda-KTNA) tingkat Provinsi Riau ke-14 tanggal 3 hingga 8 Juni 2013 kemarin ternyata meningkalkan kesan tersendiri bagi tuan rumah kabupaten Roka Hulu. Apalagi tampilan dari Kabupaten Kuantan Singingi yang membuat gula sawit dari bahan sari pati tandan kelapa sawit.

Atas temuan tersebut, Kabupaten Kuantan singingi sebagai pencetus pertama meraih juara umum di perhelatan Peda-KTNA lalu. Temuan unik tersebut akan menjadi sumber usaha baru di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Rokan Hulu yang memiliki potensi lahan perkebunan kelapa sawit ratusan ribu hektare.

“Gula yang terbuat dari sari pati sawit buatan peserta Peda-KTNA Kuantan Singingi itu tak ada obahnya dengan manisnya gula aren. Ini bakal menjadi usaha baru di Riau, apalagi Rokan Hulu memiliki ratusan hektare lahan perkebunan kelapa sawit,” cetus Ketua KTNA Rokan Hulu sekaligus ketua Panitia Pelaksana Peda-KTNA tingkat Provinsi, Herman Daulay, Senin (10/6/13).

Selain itu, di helatan Peda-KTNA lalu juga didapati inseminasi buatan atau kawin suntik hewan sapi yang menghasilknan dua anak sapi dalam satu periode kehamilan sapi. (r4n)