Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu (Kakan Kemenag Rohul) Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, menyatakan bahwa 2 hari menjelang penutupan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) musim haji 2013 M/1434 H, masih ada 24 JCH Rohul yang belum melakukan pelunasan.

Demikian disampaikannya kepada wartawan di kantornya Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah Pasir Pengaraian, Senin (10/6/2013).

Dikatakannya jumlah JCH Rohul tahun ini adalah 262 orang, sedangkan yang berhak melakukan pelunasan pada tahap pertama adalah sebanyak 241 orang. Dari 241 JCH tersebut, yang telah melakukan pelunasan sebanyak 217 orang, sedangkan yang belum melakukan pelunasan sebanyak 24 orang.

Kakan Kemenag Rohul berharap agar 24 JCH tersebut agar segera melakukan pelunasan, sebab jika sampai hari Rabu tanggal 12 Juni 2013 tidak melakukan pelunasan, maka haknya untuk menunaikan ibadah haji akan hilang pada tahun ini dan yang bersangkutan otomatis waiting list untuk tahun depan (2014 M/1435 H).

Ahmad Supardi menjelaskan bahwa 21 orang JCH Rohul yang lainnya (belum masuk daftar melunasi tahap awal), insya Allah mereka akan melakukan pelunasan pada tanggal 18 s/d 26 Juni 2013 bertempat di bank penerima setoran BPIH ketika mendaftar dahulu.

Mereka itu adalah JCH umur lansia 83 tahun beserta pendampingnya, JCH terpisah dengan suami atau istrinya, dan JCH susulan sesuai nomor porsi berdasarkan urut kacang. Daftar nama ini untuk sementara dapat dilihat pada Kantor Kemenag Rohul Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Ketika ditanya, apakah yang tak melunasi pada tahap awal ini dapat digantikan dengan orang lain, yang termasuk keluarga dekat, Ahmad Supardi menjelaskan bahwa tidak ada penggantian bagi yang tidak melunasi walau dengan alasan apapun dan oleh siapapun juga, termasuk oleh istri atau suami dan atau oleh anak kandungnya.

Kakan Kemenag telah memerintahkan kepada seluruh Kepala KUA Kecamatan se Rohul, agar mengecek JCH nya masing-masing yang belum melakukan pelunasan, dan diharapkan dapat menghubunginya secara langsung. (r4n)