tomatTomat sudah sering disebutkan memiliki banyak manfaat kesehatan. Kini makanan bergizi tersebut memiliki satu keunggulan lagi, yaitu keampuhannya dalam mengatasi masalah sering buang air kecil.

Adalah lycopene, antioksidan pemberi warna merah pada tomat yang terbukti mampu mengurangi masalah prostat yang membesar pada pria. Sementara pembesaran prostat sendiri memang membuat kandung kemih tertekan sehingga pria mengalami masalah sering buang air kecil.

Tomat sendiri kaya akan vitamin, anti inflamasi alami, dan kebaikan lainnya. Sudah banyak penelitian yang sebelumnya membuktikan kalau tomat ampuh menangkal penyakit kardiovaskular, stroke, dan kanker prostat.

Sementara penemuan tentang manfaat tomat bagi masalah sering buang air kecil ini dilakukan oleh para peneliti dari Queensland, Australia.

Selama tiga bulan, peneliti mengamati kondisi 57 pria berusia 40-80 tahun dan memberi responden pil yang harus dikonsumsi setiap hari.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, semua responden memang menderita masalah pembesaran prostat yang membuat sering buang air kecil, terutama di tengah malam.

Namun setelah tiga bulan, masalah sering buang air kecil menurun lebih dari 30 persen. Peneliti pun percaya bahwa pil yang mereka berikan memberi manfaat pada responden.

Peneliti juga menyimpulkan bahwa pengaruh tomat dalam mengecilkan prostat juga berkaitan dengan risiko kanker. Meskipun demikian, peneliti menyampaikan kalau analisis lebih lanjut tentang lycopene dalam skala besar masih harus dilakukan.

(sumber : merdeka.com)