Wabup beserta istri mencicipi masakan di lomba cipta menu
Wabup beserta istri mencicipi masakan di lomba cipta menu

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Untuk menumbuhkan potensi di Des-desa, Badan Ketahanan Pangan (BKP) dan PKK Kabuapaten RokanHulu menaja lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (LCM B2SA) bertempat di Gedung Wanita, PasirPangaraian, Rabu (12/6/13).

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Rohul, Hj. Rahayuwati menyampaikan bahwa makanan jenis umbi-umbian sangat baik dikonsumsi sebagai pengganti beras. Sebagai lauk pauknya sayur sayuran.

Dalam mengkonsumsi makanan harus memperhatikan kualitas gizi yang baik untuk kesehatan.

“Tidak semua makanan enak itu baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi makanan jangan hanya memperhatikan enaknya. Tapi juga yang baik untuk kesehatan,”  sampai istri Wabup itu.

Sementara itu Wakil Bupati, Ir Hafith Syukri MM menghimbau kepada masyarakat agar memberdayakan potensi yang ada di Desa masing-masing.

Seperti memberdayakan hasil perkebunan umbi-umbian sukun dan sejenisnya untuk di konsumsi. Begitu juga pertanian beras perlu dipertahankan. Jangan sampai ada alih fungsi perkebunan.

Menurut Wabup terjadinya alih fungsi lahan. Karena tidak ada jaminan dari pemerintah. Oleh itu seharusnya petani diberikan jaminan dengan cara intensifikasi.

Dengan jaminan jika harga beras turun dipasaran, maka Pemda harus siap mengambil alih membelinya, jika harga sudah kembali stabil barulah padi dijual kepasaran.

Sekretaris, BKP Rohul, Anisbar menuturkan lomba cipta menu ini memanfaatkan umbi sukun sebagai pengganti bertas. Sebab perkebunan sukun ada sekitar 6 ribu kubik di dua Desa yakni, di Desa Muara jaya Kecamatan Kepenuhan dan kota Jaya kecamatan kunto Darussalam.

Selain itu kita juga mengembangkan potensi produk beras, jagung, ubi kayu ketela rambah. (adv/hum)