logo_BMKG

Jakarta (SegmenNews.com) – Gempa mengguncang kawasan Jawa Barat. Guncangan berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah sebelah barat daya Tasikmalaya.

Berdasarkan informasi dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kamis (13/6/2013), gempa terjadi pukul 23.47 WIB. Titik pusat gempa ada di 336 barat daya Tasikmalaya.
Gempa terjadi di kedalaman 57 Km.

Gempa bumi yang melanda kota Tasikmalaya tersebut sempat membuat panik warga. Guncangan tersebut dirasakan cukup keras.Di Kelurahan Cikalang, Kecamatan Talang, Kabupaten Tasikmalaya, warga sempat dibuat panik ketika adanya guncangan. Lampu dan kursi-kursi bergerak. Ada pula suara gemuruh kaca jendela.

Sejumlah warga sempat berhamburan keluar rumah. Namun berdasarkan pantauan sementara, gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan berarti, setidaknya di wilayah Cikalang.

Gempa berkekuatan 6,5 SR ini mengguncang perairan di sebelah selatan Tasikmalaya Jabar. Guncangan di pesisir selatan Jawa ini juga dirasakan sampai ke Yogyakarta dan Jakarta.

Eko, warga Umbulharjo, Yogyakarta merasakan getaran ketika dia tengah tidur di lantai dua rumahnya. Dia sempat berlari turun ke lantai dasar.

“Belum sampai saya membuka pintu, getaran sudah tidak ada,” kata Eko, Jumat (14/6/2013).

Gempa tersebut tidak hanya dirasakan di pesisir selatan Jawa. Sejumlah warga Jakarta dan sekitarnya, juga merasakan adanya guncangan.

“Gempanya kenceng banget,” ujar Dion warga Lenteng Agung, Jaksel.

Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala Richter sebelah barat daya Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa terjadi pada pukul 23.47 WIB, Kamis (13/6/2013). Pusat gempa terletak pada 10.35 Lintang Sletan dan 107.04 Bujur Timur.

Pusat gempa terletak pada jarak pada 336 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada kedalaman 57 kilometer. Namun, BMKG mencatat gempa ini tidak berpotensi tsunami.

(sumber : detik.com)