Acara Seminar Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi di Sapadia hotel
Acara Seminar Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi di Sapadia hotel

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Ribuan jemaah dari enam negara di Asia Tenggara ikuti seminar Haul Syekh Abdul Wahab Rokan Al- Kholidi Naqsyabandi, bertempat di Hotel Sapadia, Kabupaten Rokan Hulu, Senin (17/6/2013).

Seminar kali ini bertemakan “Aktualisasi Pemahaman Ajaran Tarikat Naqsyabandi yang Dinamis, Harmonis, Peningkatan Ekonomi Kerakyatan dalam Menatap Masa Depan Menuju Kelahiran Tuan Syekh Abdul Wahab Rokan Al Kholidi Naqsyabandi se-Asia Tenggara”.

Seminar tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Rokan Hulu, Ir Hafith Syukri MM. Wabup menyampaikan kekomitan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam pengembangan tarekat dan pengembangan sejarah Syekh Abdul Wahab Rokan ini. Sebab Kabupaten Rokan Hulu berjuluk Negeri seribu suluk identik dengan keagamaan, apalagi salah satu tuan guru yang membesarkan tarekat adalah syekh Abdul Wahab Rokan Al-kholidi.

Nama tuan guru ini dan perjuangannya dalam penyebaran tarekat tak hanya diakui di Rokan Hulu, Riau maupun hanya di Indonesia saja, namun kebesaran namanya telah tersohor hingga kemanca Negara dan diakui disana.

“Kita komit memberikan fasilitas jalan hingga ke darah ini akan menjadi ojek wisata religius. Pemda tetap memberikan perhatian khusus dalam pengembangannya. Walaupun keterbatasan anggaran kita bangun fasilitas jalan, sehingga kebesaran syekh ini lebih dikenal di semua kalanagan maupun Mancanegara,” imbuhnya.

Tempat kelahiran Syekh Ibrahim ini juga akan menjadi salah satu objek wisata religius yang patut di ketahui masyarakat. Begitu juga dengan objek wisata religius di Daerah-daerah Rokan Hulu, namun agar pengembangannya lebih maksimal tentunya masih membutuhkan kucuran ddana dari Riau maupun Pusat.

“Untuk memaksimalkan seluruh objek wisata di Rohul kita membutuhkan dana hingga 24 miliar, mustahil bisa maksimal tanpa bantuan itu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Haul Syekh Abdul Wahab Rokan Al Kholidi, Ismail Hamkaz S.Ag, M.Si, berterima kasih kepada Pemkab Rohul, Pemprov Riau,dan pemerintah pusat karena sudah membantu dana Rp.2 miliar untuk pembangunan tempat kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan Al Kholidi di Desa RBS.

Selain dihadiri jemaah Naqsabandi se-Asia Negara, seminar ini juga dihadiri jemaah Naqsabandi dari Provinsi Riau, Sumatera Utara (Sumut), serta dihadiri kalangan mahasiswa asal Riau dan Sumut, mahasiswa asal Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Sesuai jadwal, Selasa besok (18/6/2013), peserta seminar akan mengunjungi Desa RBS termasuk melakukan ziarah di kampung kelahiran tokoh Suluk di Asia Tenggara ini.

Salah satu mahasiswa UIN Riau asal dari Tailand, Asrunya mengaku sengaja datang untuk mengetahui lebih dalam tentang Tarekat dan perjuangan Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Kholidi ini. Perjuangan Syekh tersebut juga dipelajari di kampusnya.

“Budaya disini berbeda di Negara saya, saya ingin mengetahui lebih jauh tentang tarekat dan perjuangan syekh Abdul Wahab. Ini bisa menambah wawasan saya,” imbuhnya.

Seminar sehari Syekh Abdul Wahab Rokan Al Kholidi turut dihadiri Dosen University Islam Antarabangsa Selangor Malaysia Dr. Zikmal Fuad, Ketua MUI Kota Medan Prof. Dr.Muhammad Hatta, Dosen Universitas Islam Riau (UIR) UU Hamidi. Serta Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, Insentif, dan Even, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, H. Achyaruddin Yusuf SE,MSc. (adv/hum)