Ilustrasi
Ilustrasi

Duri (SegmenNews.com)– Dipicu labut asap di Duri Kabupaten Bengkalis kian memburuk, masyarakat sangat memerlukan masker, sehingga masker yang dibagikan oleh pihak UPTD Dinkes Mandau kehabisan stok.

Akibat kekurangan masker tersebut, sebahagian masyarakat menyayangkan pihak Dinkes tak menyediakan masker yang mencukupi. Sehingga masyarakat yang tidak dapat terpaksa menutup muluit dan hidungnya menggunakan saputangan maupun kain selendang saja.

“Meskinya Pemerintah menyediakan masker, sebab cuaca semakin buruk akibat kabut asap yang kian menebal. kami juga sudah mencari masker di apotik, disitu juga tidak ada stok,” kata warga mandau, Refi, Senin (17/6/13).

Kepala UPT Dinas Kesehatan Mandau, Betty mengaku sejak beberapa hari terakhir ini pihaknya terus membagikan masker kepada pasien dan masyarakat melalui posyandu. Bahkan dihari pembukaan Khitanan masal ini sekitar 600 an masker juga sudah dibagikan.

“Kita sedang minta dari Dinkes Bengkalis, sebab semua stok masker di Puskesmas sudah habis. Kalau pun saat ini masyarakat kesulitan mendapatkan masker coba saja ditutupi dengan kain atau lainnya yang tidak terlalu tebal agar bisa tetap bernafas,” ujar Betty.

Betty mengingatkan kepada masyarakat agar mengurangi aktifitas diluar ruangan. Sebab akibat asap tersebut ditakutkan akan menimbulkan penyakit Ispa. (res)