Persiapkan adipura kencanaSiak (SegmenNews.com)– Perjuangan panjang selama tiga tahun lebih untuk meraih Piala Adipura akhirnya membuahkan hasil. Kabupaten Siak akhirnya meraih Piala Adipura untuk pertama kalinya. Momentum itu pun dicanangkan untuk meraih Piala Adipura Kencana yang melambang supremasi mempertahankan Piala Adipura selama lima tahun berturut-turut.

Pencanangan target meraih Adipura Kencana itu disampaikan Bupati Siak, Drs H Syamsuar pada acara sekapur sirih penyambutan Anugrah Piala Adipura Kategori Kota Kecil Terbersih dari Pemerintah Republik Indonesia, Selasa (11/6) di Lapangan Siak Bermada, Siak Sri Indrapura.

“Sebagai kota wisata, kita harus mempertahankan Piala Adipura tahun-tahun berikutnya. Kita harus meraih Adipura Kencana dengan mempertahankan Piala Adipura selama lima tahun berturut-turut,”ujar Syamsuar sambil mengharapkan dukungan seluruh masyarakat Siak untuk menjadikan Siak sebagai kota yang teduh, alami dan indah.

Salah satu program pendukung yang akan memperkuat posisi Siak sebagai penerima Adipura Kencana adalah dengan melakukan penghijauan di seluruh jalan kota hingga ke kecamatan-kecamatan. ”Kita akan membuat penghijauan di sekitar jalan lintas dari kota kabupaten menuju kota kecamatan dengan menanam pohon buah-buahan. Jadi selain menjadi upaya penghijauan, kedepan masyarakat bisa menikmati buah. Misal dari Siak Sri Indrapura sampai Bungaraya ditanam tanaman mangga,” ungkap Syamsuar.

Menurut Bupati, Siak Sri Indrapura sebagai kota wisata perlu terus berupaya mempertahankan prestasi ini, karena kebersihan dan keindahan merupakan salah satu faktor untuk membuat pengunjung puas. ”Orang yang datang ke Siak selalu melihat adanya perubahan, pertama tentang kebersihan, keindahan dan penghijauan,” jelasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri Msi beserta istri, Hj Misnarni Syamsuar, segenap unsur Forum Komunikasi Daerah Kabupaten Siak, Kepala Dinas, badan staff ahli, di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Siak dan pekerja dinas kebersihan, Kapolres Siak AKBP Sugeng Putu Wicaksono, Kapolsek Siak Kompol Arwin, Ketua Lembaga Adat Melayu Siak Wan Anwar, tokoh masyarakat dan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut bupati mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah ikut menyukseskan Siak sebagai peraih Piala Adipura. Keberhasilan ini jugadiharapkan dapat memotivasi meraih penghargaan lainnya, seperti Adiwiyata, terminal, dan penghargaan lainnya.

Pada kesempatan itu Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi didampingi Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyerahkan penghargaan dan sagu hati kepada para petugas kebersihan Siak yang telah berjasa dalam upaya meraih Adipura. Sementara itu untuk Piala Adipura diserahkan Bupati pada Ketua Lembaga Adat Melayu Siak Wan Anwar, hal ini membuktikan bahwa Piala Adipura merupakan keberhasilan bersama dan piala diperuntukkan bagi masyarakat Siak.

Sebelumnya, Piala Adipura pertama ini juga diarak kelliling kota Siak Sri Indrapurayang dimulai dari kantor Bupati Siak di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Siak Tanjung Agung, mengelilingi kota Siak. Arak-arakan Piala Adipura itu bersama dengan bupati dan wakil bupati dan diikuti seluruh dinas terkait. Arak-arakan melintasi beberapa jalan yang berada di sekitar kota Siak Sri Indrapura, dengan menggunakan mobil yang membawa Piala Adipura dan dikawal pihak kepolisian. (adv/jpr)