IMG_6847Kerinci Kanan (SegmenNews.com)– PT.Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) bantu peningkatan atau perbaikan jalan lintas simpang Lago-Buatan sepanjang 4 KM.

Setelah selesai dikerjaan, serah terima bantuan tersebut di serahkan kepada Pemerintah Provinsi Riau dan Pemkab Siak, Rabu (19/6/13) di halaman kantor Camat Kerinci Kanan Siak, dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit, Bupati Siak Syamsuar, Direktur Utama (Dirut) PT RAPP Mulia Nauli dan beberapa Anggota DPRD Siak, serta pejabat dilingkungan Pemkab Siak.

Bupati Syamsuar menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur jalan memiliki pelipat gandaan manfaat yang saling berkaitan atau diistilahkan multiplier effeck, dimana sejak pertama pembangunannya telah memberi kontribusi bagi terciptanya lapangan kerja baru serta kemudian menjadi stimulan dalam mendukung perkembangan ekonomi wilayah.

Bantuan perbaikan peningkatan jalan sepanjang 4 km dari PT RAPP ini menjadi wujud kerjasama yang baik antara pemerintah Provinsi Riau, pemkab Siak.

“Ini adalah wujud dari MoU yang ditandangani para pihak pada 2009 lalu. Semoga menjadi penunjang perkembangan ekonomi wilayah sehingga meningkatkan daya saing daerah,” ungkap Bupati Siak.

Dijelaskan Bupati, hingga saat ini jalan di Siak telah terbangun 3217,64 km yang terdiri dari jalan nasional, provinsi dan jalan kabupaten. Panjang jalan yang sudah terbangun tersebut, memerlukan dana pemeliharaan yang tidak sedikit, yang mau tidak mau harus dianggarkan karena bila tidak, maka akan mengganggu perekonomian masyarakat.

Selain jalan yang sudah terbangun, Kabupaten Siak juga masih memiliki jalan yang rusak yang mendesak untuk segera diperbaiki, yakni 12,97 persen jalan nasional, 39,9 persen jalan provinsi dan 22,8 persen jalan kabupaten.

“Dari tahun ketahun, jalan rusak yang membutuhkan perhatian serius terus meningkat, untuk itu, kontribusi pihak swasta sangatlah dibutuhkan,” ujar Bupati Syamsuar.

Sementara itu Direktur Utama PT.RAPP yakni Mulia Nauli kepada wartawan menjelaskan, bahwa untuk melakukan perbaikan peningkatan jalan simpang Lago-Buatan tersebut, pihaknya menghabiskan waktu selama satu tahun dan menghabiskan sekitar 20 miliar rupiah.

“Hampir setahun kita selesaikan perbaikan peningkatan jalan ini ,terhitung sejak acuan kondisi lapangan. Total dana yang kita keluarkan mencapai 20 miliar,” ungkap Mulia.

Selain itu, dengan ditingkatkan atau diperbaikinya jalan tersebut dapat memperlancar ankutan transportasi masyarakat serta menambah peningkatan untuk perekonomian di Kabupaten Siak.

“Tentunya, diharapkan perekonomian masyarakat di Siak dapat meningkat dan dapat memperlancar alur transportasi menuju Kabupaten Siak,” ujar Dirut PT.RAPP. (rinto)