sidangcebonganYogyakarta (SegmenNews.com) – Siapa saja yang bakal bersaksi dalam kasus penyerangan empat tahanan di Lapas II B Cebongan Sleman? Diperkirakan ada lebih dari 50 orang yang bakal menjadi saksi peristiwa yang terjadi hari Sabtu 23 Maret 2013 dinihari itu.

Dari Lapas II B Cebongan Sleman, mereka yang bakal menjadi saksi sekitar 42 orang. Mereka terdiri 11 orang petugas dan 31 warga binaan/tahanan lapas. Selain itu masih ada beberapa anggota Kopassus Grup II Kandang Menjangan yang bakal menjadi saksi.

Saat sidang dengan terdakwa Serda Ucok Tigor Simbolon, Serda Sugeng Sumaryanto dan sertu Kodik, oditur militer diakhir pembacaan surat dakwaan membacakan daftar nama-nama yang akan menjadi saksi.

Dari petugas lapas II B Sleman ada nama mantan Kapalas B. Sukamto Harto. Dia saat ini sudah pensiun dari pegawai Kemenkumham. Kemudian ada nama Margo Utomo dan Heri Prasetyo yang juga petugas lapas. Margo Utomo adalah pemegang kunci lapas yang juga tinggal di kompleks lapas.

Sedangkan di bagian akhir ada nama Dan Grup II Kandang Menjangan, Letkol (Inf) Maruli Simanjuntak serta beberapa orang anggota Kopassus lainnya.

Pemeriksaan atau sidang untuk menghadirkan para saksi masih lama. Setelah sidang pertama usai hari ini, Kamis (20/6/2013) sidang akan dilanjutkan pada hari Senin (24/6/2013) dengan agenda pembacaan eksepsi oleh penasehat hukum 12 orang terdakwa tersebut.

(sumber : www.detik.com)