kabutasappkbaruJakarta (SegmenNews.com) – Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) akan segera melakukan hujan buatan untuk mengatasi kebakaran hutan di Riau dalam waktu dekat.

“Memang sedang dibicarakan langkah-langkah itu. Tadi pagi sudah dibahas, masih dilihat dikerahkan. Ini sudah dimulai langkah-langkah,” ujar Menteri KLH Balthazar Kambuaya di Kantor Presiden, Jl Veteran, Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Kambuaya berharap kebakaran tersebut bisa selesai dalam waktu dua minggu ke depan. Meski begitu Kambuaya menegaskan upaya yang dilakukan bukan atas desakan Singapura, melainkan untuk kepentingan Indonesia.

“Ini bukan mereka saja, kita juga punya kepentingan. Itu Riau, Batam, kabut tutup itu. Jadi ini bukan karena mereka, ini kita punya kepentingan, kesehatan masyarakat kita,” jelasnya.

Kambuaya mengatakan yang jadi kendala memadamkan api karena yang terbakar adalah gambut. “Kita sedang kerja, tim di lapangan sedang kerja. Karena itu gambut susah itu lama itu, apalagi itu dalamnya 3 meter 4 meter wah itu harus pakai hujan buatan itu baru bisa,” ungkapnya.

(sumber : www.detik.com)