Bupati Siak Syamsuar dan masyarakat sholat itsiqa (permintaan diturunkan hujan dari allah)
Bupati Siak Syamsuar dan masyarakat sholat itsiqa (permintaan diturunkan hujan dari allah)

Siak (SegmenNews.com)– Bupati Kabupaten Siak, H Syamsuar beserta sejumlah masyarakat Siak melaksanakan Sholat Istisqa yang dilaksanakan di masjid Sultan syarif Hasyim, Komplek Islamic Centre Siak, Minggu (23/6/13).

Sholat tersebut bertujuan meminta diturunkannya hujan oleh Allah SWT. Pelaksanaan sholat ini dipimpin imam masjid SSH, ustadz Abdul Ghofur. Bertindak selaku khatib adalah Ketua MUI Siak H Shofwan Shaleh SHi.

Permintaan hujan kepada yang maha kuasa allah tersebut, disebabkan cuaca akibat kekeringan dan berbagai polusi kabut asap terjadi di Siak dan Riau umumnya. Apalagi kabut asap saat ini sudah sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan masyarakat.

Sehingga melalui sholat yang telah dilaksanakan, besar harapan beserta do’a yang dipanjatkan hendaknya hujan bisa turun dalam waktu dekat. Dan secara berangsur dapat mengurangi pekatnya kabut asap sekaligus memadamkan titik api yang menjadi penyebab utama kabut asap.

Disampaikan oleh Shofwan Shaleh, hujan tidak diturunkan bisa disebabkan oleh kelalaian dan kemaksiatan yang dilakukan oleh manusia. Karena menurutnya dalam alquran diterangkan bahwa azab allah tidak hanya akan diturunkan di akhirat, melainkan adanya azab dunia. Untuk itu Shofwan juga mengajak agar setiap umat manusia harus senantiasa memohon ampun kepada allah SWT, sehingga dengan memohon ampun kepadanya semua musibah akan dijauhkan dan keadaan negeri menjadi baik.

“Musibah yang ditimpakan didunia dan penyakit-penyakit yang ada, seperti musibah gempa bumi, puting beliung, kebakaran dan tidak diturunkannya hujan, maka hendaklah kita bertaubat kepada allah SWT,” jelas Shofwan. (rinto)