Ilustrasi
Ilustrasi

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Mulai hari ini, Selasa (25/6) Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) mulai disalurkan kepada Rumah Tangga Sasaran di Pekanbaru. Untuk hari pertama, Kantor Pos Pekanbaru, Jalan Sudirman membagikan BLSM untuk 743 di Kecamatan pekanbaru Kota.

Kepala Kantor Pos Pekanbaru, Tamrin Hanurawan mengatakan pembagian BLSM sudah dimulai, pembagian tahap pertama, untuk kecamatan Pekanbaru Kota. Besok (hari ini) baru diserahkan giliran kecamatan lainnya sampai selesai.

“Pembagian BLSM tersebut berdasarkan data penduduk miskin dari BPS yang sudah disetujui pemerintah pusat. Bagi masyarakat penerima BLSM, harus membawa Kartu Perlindungan Sosial (KPS), KTP dan KK,” katanya.

Pembagian dimulai pukul 8.00 WIB. Sebelum dimulai, ratusan warga sudah berkumpul di depan Kantor Pos, menunggu pembagian BLSM. Sayangnya, pada pembagian ini banyak warga yang datang, sebelum jadwal pembagian.

“Misalnya, pembagian kemarin yang seharusnya diberikan Kecamatan Pekanbaru Kota saja, ternyata yang datang justru banyak dari warga kecamatan lainnya. Akibatnya, warga yang tidak kebagian BLSM mengeluh, karena minimnya sosialisasi. Banyak warga menduga, pembagian dilakukan secara serentak,”ujarnya.

Sementara itu, Maya (43) warga sukajadi mengaku tidak mengetahui jadwal yang telah ditentukan sesuai kecamatan sehingga membuat dirinya masuk dalam kerumuman kecematan lainnya. “Kami ndak tahu do, sangka kami sama saja,”kata Maya.

Senada dengan Maya, Nursaini (64) salah seorang warga Kelurahan Kota Tinggi Kecamatan Pekanbaru Kota mengaku dirinya terdata dalam Program Keluarga Harapan (PKH). “Kami sudah masuk dalam program raskin, Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada 2008 silam juga dapat tapi untuk BLSM saya tidak tercatat,” tukasnya. (chir/ur)