Pekanbaru (SegmenNews.com)– Proses Lelang tertutup bagi 68 mobil Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru kini sudah memasuki tahap validasi data peserta lelang. Kepala Bagian Perlengkapan Kota Pekanbaru,M Amin, saat di temui di ruangan kerjanya Senin (24/6) menyatakan saat ini pemohon sudah mengisi foam pengajuan.

“Foam sudah di isi dan sedang di periksa dan divalidasi. Nanti hasil tes uji akan kita laporkan ke pada tim,” ujar M Amin.

Selesai validasi data pemohon maka proses akan dilanjutkan ke pada uji pemohon ini proses penetapan apakah pemohon layak dan memenuhi kriteria untuk mengikuti lelang sesuai peraturan.

Menurut Amin, pemohon yang memasukkan permohonan berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bagian yang sebelumnya menggunakan kendaraan tersebut.Meski diakuinya tidak tertutup kemungkinan peserta berasal dari luar SKPD.

“Pemohon rata-rata, berasal dari bagian SKPD pengguna kendaraan sebelumnya. Boleh orang luar, tetapi bagi yang mau pensiun kita prioritaskan,” urainya.

Tahap akhir sebelum mobil di lelang maka akan di lakukan proses penilaian bahan lelang.Untuk nilai bahan masih menunggu nilai barang dari tim penaksir yang terleih dahulu disahkan oleh tim penghapus.

“Adapun jenis mobil yang akan dilelang beragam demikian juga tahun produksinya mulai dari tahun 2006 ke bawah. Sementara Pengguna awal adalah Sekretariat, Dewan, SKPD

Kata Amin, kedepan proses penghapusan lelang harus mengacu kepada Peraturan Walikota (perwako) , yang kini draf Perwakonya sedang di buat oleh bagian Hukum.

Bagian Hukum kini sedang menyiapkan perwako tata cara penghapusan kendaraan Dinas. Kini masih di susun dulu, mudah-mudahan November tahun 2013 akan selesai,” urainya. (den/ur)