Pasukan Kostrad 303 dan marinir bantu atasi Karhutla di Riau tiba di Pekanbaru (detik.com)
Pasukan Kostrad 303 dan marinir bantu atasi Karhutla di Riau tiba di Pekanbaru (detik.com)

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Pemerintah Pusat menambah petugas pemadam api di Riau sebanyak 2 ribu orang prajurit dari Jakarta. Mereka merupakan petugas pertama dari Mabes TNI yang mendarat di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Selasa (25/6/2013 sore tadi.

Mereka akan bergabung dengan 1.122 prajurit TNI dari berbagai kesatuan di Riau untuk memadamkan api yang terjadi di sejumlah daerah di Provinsi Riau.

Komandan Korem 031/Wirabim, Brigjen TNI Teguh Rahardjo, mengatakan personel tersebut terdiri dari 600 anggota Kostrad, 600 anggota Marinir, 400 anggota Brimob, dan 400 anggota Paskhas TNI AU.

Pasukan bantuan tersebut tiba dengan tiba penerbangan menggunakan Pesawat Hercules di Pangkalan Angkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Pasukan lainnya dijadwalkan akan tiba besok dengan penerbangan yang sama.

Sementara itu, Kol Pnb Andyawan, Komandan Satuan Tugas Udara, Danlanud Pekanbaru mengatakan, personel dari Mabes TNI ini akan disebar ke sejumlah wilayah di Riau. Selain mengerahkan ribuan prajurit di darat, upaya pemadaman juga dibantu lewat udara dengan mengerahkan pesawat dan helikopter. (**)(knc)