pawai siakSiak (SegmenNews.com)– Ribuan massa yang terhimpun dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, budayawan, seniman, tokoh masyarakat, tokoh agama, oficial kafilah, sejumlah group seni, Selasa (26/6) kemarin tumpah ruah ke jalan mengikuti acara Pawai Takruf Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XIII tingkat Kabupaten Siak yang digelar di Kecamatan Bungaraya.

Mereka yang tergabung dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Siak, berjalan kaki menempuh rute sepanjang 1,5 kilo meter. Dimulai dari Jalan Sultan Syarif Kasim (bulog) hingga finish di Taman Sri Wangsa Desa Bungaraya Kecamatan Bungaraya.

Diacara peserta menunjukkan atraksi seni tradisional yang bernuansa agamis ditampilkan oleh para peserta pawai Takruf diantaranya Rebana, Kompang, Drumband, dan sebagainya. Pawai juga disemarakan dengan pertunjukan seni Barongsai, Reog Ponorogo dan iring iringan mobil hias yang dilepas oleh Bupati Siak Drs.H.Syamsuar,M.Si.

Tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Siak Zulfi Mursal, SH, Wakil Bupati Drs.H.Alfedri,M.Si, Sekdakab Siak Drs.H. Amzar,M.Si dan sejumlah anggota DPRD Siak, para pejabat teras tinggi di lingkungan Pemkab Siak.

Bunga Raya Kafilah Terpanjang

Kecamatan Bungaraya sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Siak ke XIII, pada pawai Taqruf kali ini dipercaya sebagai juru kunci, sekaligus kafilah terpanjang dengan menurunkan sebanyak 1500 peserta, jumlah ini merupakan jumlah terbesar selama pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Siak.

Ketua panitia pelaksana Drs.H.Kadri Yafis,M.Pd menyebutkan, pelaksanaan pawai taqruf pada pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Siak ke XIII ini diikuti oleh 14 Kecamatan se-Kabupaten Siak, 39 instansi dan 47 unit kendaraan hias. Rute pawai dilangsungkan mulai dari Jalan Sultan Syarif Kasim dan Finish di Taman Sri Wangsa Desa Bungaraya. (rin/rls)