int
int

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Kabut asap tebal imbas dari kebakaran lahan di Riau masih menyelimuti udara di Pekanbaru. Buntutnya, dua penerbangan maskapai harus menunda keberangkatan ke Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

Air Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan mengungkapkan hal itu kepada detikcom, Kamis (27/6/2013). Menurutnya, sejak pukul 05.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB kondisi kabut asap memburuk hingga dibawah batas normal untuk pendaratan.

Jarak pandang hanya tembus 500 meter. Pada pukul 08.00 jarak pandang baru bertambah 300 meter.

“Imbasnya ada dua maskapai pagi ini tidak bisa mendarat di Pekanbaru. Namun untuk keberangakatan dua maskapai Garuda dan Lion berjalan normal. Karena jika keberangkatan jarak pandang 500 meter saja masih bisa, terkecuali mendarat harus 1 km jarak pandangnya,” kata Ibnu.

Ibnu menjelaskan, dua maskapai yang menunda keberangkatan itu Mandala RI 070 seharusnya mendarat pukul 6.45 WIB. Namun saat ini masih tertunda dari Jakarta. Begitu juga maskapai Air Asia seharusnya mendapat 8.10 WIB namun harus menunda keberangkatan dari Bandung.

“Kita berharap siang nanti jarak pandang bisa berangsur normal kembali,” kata Ibnu. (detiknews.com)