Akhir Pelunasan Biaya Haji 12 Juni

Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Akhir pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) bagi Jemaah Calon Haji (JCH) pada tanggal 12 Juni 2013. Jika tidak dilunasi tepat waktu, maka mereka akan berangkat haji tahun depan.

Oleh itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Minggu (2/6/13) menghimbau kepada JCH yang belum melunasi BPIH agar segera dilunasi jika tidak mau keberangkatannya diundur tahun depan.

Sedangkan jatah JCH yang menjadi daftar tunggu tahun depan disebabkan belum melunasi BPIH tersebut, maka otomatis keberangkatannya tahun ini digantikan dengan JCH Lansia umur 80 tahun yang di ambil dari berbagai daerah oleh Kemenag RI.

Dijelaskan Supardi bahwa, jatah Rohul sebanyak 260 kursi, dan masa pelunasan hanya 15 hari terhitung dari tanggal 22 Mei s/d 12 Juni 2013.

“Saya berharap agar semua JCH dapat melakukan pelunasan tepat waktu atau lebih cepat lebih bagus, sehingga tidak ada kekhawatiran bagi kita lagi,” imbaunya.

Supardi juga mengingatkan kepada seluruh Kepala KUA Kecamatan se Rohul, agar mengecek JCH-nya masing-masing satu persatu dengan system hitung kacang, sehingga tidak ada satupun yang tertinggal dan tidak ada alasan bagi orang yang terlambat melakukan pelunasan.

Biaya BPIH tahun 2013 ini, untuk embarkasi Batam termasuk di dalamnya kab Rohul adalah sebesar USD 3.357 atau setara dengan Rp 32,3 juta (dengan asumsi USD 1 = Rp 9.600). Umumnya jamaah haji sudah menyetor uang muka BPIH sebesar Rp 20 juta. Artinya, uang pelunasan yang harus disiapkan calon jamaah haji sekitar Rp 12,3 juta. (r4n)