Kapolres Rohul AKBP Onnyi Trimurti Nugroho menyerahkan piagam penghargaan kepada tiga warga yang membantu tugas Polisi di acara HUT Bhayangkara ke-67 di Mapolres Rohul
Kapolres Rohul AKBP Onnyi Trimurti Nugroho menyerahkan piagam penghargaan kepada tiga warga yang membantu tugas Polisi di acara HUT Bhayangkara ke-67 di Mapolres Rohul

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Pada HUT Bhayangkara ke-67 ini pihak Kepolisian Resort Rokan Hulu lebih memaksimalkan Peranan Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) di Kabupaten Rokan Hulu yang kompleks menjadi sangat penting.

Babinkamtibmas sebagai garda terdepan yang memiliki fungsi intelijen dalam kepolisian diwajibkan berinteraksi dengan warga salah satunya mengunjungi rumah warga.

“Babinkamtibnas di Kecamatan dan Desa harus mengunjungi warga, Kita bangun pola kemitraan kepada masyarakat,” papar Kapolres Rokan Hulu, AKBP H Onny Trimukti Nugroho, SE, SIK, MH kegiatan HUT Bhayangkara ke-67 di halaman Mapolres, Senin (1/7/13).

Onny menambahkan, Babinkamtibmas berperan penting sebagai fungsi penegakan hukum secara preemtiv. Guna mencegah terjadinya tindak kejahatan di lingkungan masyarakat, Babinkamtibmas wajib berinteraksi dengan cara memberikan penyuluhan hukum.

Dalam kunjungannya itu, Babinkamtibmas harus meninggalkan kartu nama atau nomor telepon yang dapat dihubungi masyarakat ketika terjadi gangguan di lingkungannya.

“Dengan adanya Babinkamtibmas ditengah masyarakat, maka segala persoalan dapat teratasi tidak menyebar atau bertambah parah. Kecuali persoalan besar yang tidak teratasi lagi,” ujarKapolres.

Sementara itu, Wakil Bupati Rokan Hulu, Ir Hafith Syukri MM mengatakan di HUT Bhayangkara ke-67 ini, hendaknya Polri kedepan bisa lebih mengayomi mayarakat, sehingga situasi kemasyarakat kondusif aman.

“Akhir-akhir ini kita melihat Polri sudah melakukan terbaik di Rohul, namun peredaran narkoba harus lebih di berantas, kita khawatir narkoba akan semakin masuk keremaja,” harap Wabup.

Di kegiatan puncak HUT Bhayangkara ke-67 di Mapolres Rohul tersebut dihadiri Kajari, Kepala PN, Ketua MUI Rohul dan masyarakat. Kegiatan juga dimeriahkan dengan penyerahan hadiah penilaian dan lomba. (r4n)