bbm0460Jakarta(SegmenNews.com) – Jaringan BlackBerry dilaporkan kembali bermasalah. Para pengguna mengeluhkan tak bisa menggunakan fasilitas BlackBerry Messenger (BBM) dan browsing di layanan vendor asal Kanada itu.

Keluhan soal gangguan ini tak hanya dilontarkan satu dua pengguna. Di media sosial, suara kekecewaan pengguna berkicau sahut-sahutan.

Uda bbm yg itu naik harganya, eh ini lagi satunya bbm ikut2’an pake server pending sgala. Bikin ribet kerjaan. Dasar Indonesia,” ujar seorang pengguna BlackBerry di Twitter.

Ini providernya yg lg pending atau emg bbm yg lg error sih bzzzz,” timpal pengguna lainnya.

Saat dijajal detikINET, BBM memang tidak bisa dioperasikan dengan normal. Pesan yang dikirimkan tak ada notifikasi ‘D’ (Delivered) atau ‘R’ (Received). Cuma tanda centang. Ini diuji menggunakan layanan BlackBerry beberapa operator.

PR Manager BlackBerry Indonesia Yolanda Nainggolan mengakui jika saat ini sejumlah pengguna BlackBerry di Tanah Air tengah mengalami gangguan dalam menggunakan layanan BBM.

“Saat ini tim teknis kami sedang melakukan investigasi untuk mengetahui isu yang terjadi,” jelasnya saat dikonfirmasi detikINET, Rabu (3/7/2013).

BlackBerry tidak memberi tahu lebih lanjut soal gangguan teknis yang merundung jaringannya, termasuk soal estimasi waktu gangguan yang bakal terjadi.

Pun demikian, vendor asal Kanada itu menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna BlackBerry Indonesia atas gangguan yang terjadi.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” tandas Yolanda.

Sebelumnya, gangguan layanan BlackBerry yang dirasakan oleh pengguna diakui oleh operator. Mereka mengamini adanya gangguan ini setelah sebelumnya mendapat notifikasi dari perusahaan asal Kanada itu.

“Tadi kita sudah mendapatkan pengumuman dari RIM — sekarang BlackBerry — bahwa ada gangguan sejak jam 11 siang tadi. Tapi tidak diberitahu apa masalahnya,” kata Head of Corporate Communications Axis Anita Avianty kepada detikINET.

Anita menambahkan, pihak BlackBerry mengestimasikan perbaikan akan selesai dalam waktu dua jam, sejak jam 11 siang tadi. Tapi hingga berita ini diturunkan, gangguan masih terjadi.

Hal senada juga dikatakan oleh Henry Wijaya, Corporate Communication XL Axiata dan Adita Irawati, Head of Corporate Communications Group Telkomsel. Pihaknya juga mendapatkan pengumuman yang sama, bahwa pengguna BlackBerry tidak bisa mengakses ke BlackBerry Messenger, browsing dan jejaring sosial.

“Semua pengguna BlackBerry kena gangguan. Kecuali yang pengguna BB 10, itu masih aman,” kata Henry.

Sementara Telkomsel mengalami yang disebabkan oleh permasalahan di sisi BlackBerry sejak pukul 10.45 WIB.

“Dari sisi Telkomsel pada dasarnya tidak ada masalah. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” pungkas Adita.

(sumber : inet.detik.com)