Drs H Achmad Msi
Drs H Achmad Msi

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Program ekonomi kerakyatan sebagai wadah kesejahteraan rakyat yakni, Program Usaha Ekonomi Desa-Simpan Pinjam (UED-SP) di kabupaten Rokan Hulu tergolong sukses. Seribu pengusaha Kecil Menengah di setiap kecamatan dan Desa yang tersebar di Rohul telah berkembang.

Hal itu ditegaskan Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi saat acara Lokakarya Pengelolaan UED-SP tingkat Provinsi Riau di Rohul kemarin. Disebutkan Achmad bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan UED-SP ini sangat penting bagi peningkatan usaha masyarakat dari program dana bergulir.

Program ini harus lebih meningkat lagi di seluruh Kabupaten di Riau. Contohnya Kabupaten Rokan Hulu memiliki BUMDes terbaik di Riau. Melalaui Pemerintah, pihak Perbankan sudah banyak bekerjasama dengan BUMDes di Rohul, contohnya Bank Jawa Barat (BJB) mereka bersedia memberikan tambahan modal usaha bagi BUMDes, yang tentunya telah melalui berbagi pertimbangan kesuksesan BUMDes dan UED-SP dipedesaan. Begitu juga Perbankan yang ada di Riau.

“Provinsi Riau telah menetapkan secara Nasional sebagai Provinsi percontohan dalam pengelolaan BUMDEs. Hal itu disebabkan karena adanya dukungan antara pihak Provinsi dan kabupaten, khususnya Rokan Hulu. Sejarah BUMDes tak lepas dari keberadaan Program Pemberdayaan Desa (PPD),” jelas Bupati.

Dilanjutkannya, Pemerintah Riau sejak tahun 2007 hingga 2011 telah miliki PPD di 16 Kabupaten/kota. Lewat Program itu, Pihak Provinsi memberikan bantuan modal kepada 2 Desa di masing-masing Kabupaten/Kota sebesar Rp 500.000.000 perdesanya yang disertai dengan penyediaan pendamping Desa, Modal tersebut untuk UED-SP. (adv/hum)