Bupati Achmad saat meresmikan Pamsimas
Bupati Achmad saat meresmikan Pamsimas

Rokan Hulu (SegmenNews.com)-Direktorat Jendral Sumber Daya Alam Balai Wilayah Sungai Sumatera III melalui Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau, tahun ini mengalokasikan dana melalui APBN Perubahan 2013 kepada Kabupaten Rohul untuk program Penyediaan Air Minum dan Santitasi Berbasis Masyarakat (Pansimas) sebesar Rp33,351 miliar.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Rohul, Yusri melalui Kabid Pasar dan Air Bersih, Tetti Herawati kepada wartawan, Rabu (3/7) di Pasir Pengarayan. Menurutnya, Rohul mendapatkan sembilan titik kegiatan program Pansimas yang tersebar di beberapa kecamatan.

Bantuan program Pansimas sebesar Rp33,51 miliar untuk Rohul diambilkan dari kegiatan Dinas Pekerjaan Umum Riau dan Derektorat Jendral Sumber Daya Alam Balai Wilayah Sungai Sumetra IIItahun 2013. Kegiatan itu ditujukan untuk enam lokasi kegiatan dengan total anggaran Rp18,2 miliar.

Dijelaskan, kegiatan yang akan dilakukan berupa pengadaan dan pemasangan pipa PVC dam Ibu Kota Kecamatan (IKK) Kecamatan Kepenuhan senilai Rp1,8 miliar di Kecamatan Kepenuhan. Kemudian dialokasikan juga untuk pengadaan pemasangan paket Pengolahan Air (IPA) Baja kapasitas 20 liter per detik lengkap dengan sarana pendukung IKK di Kota Tengah Kecamatan Rambah Samo dengan anggaran Rp6,8 miliar, kemudian pengadaan dan pemasangan paket IPA Baja kapasitas 20 liter per detik lengkap prasana pendukung IKK Kota Tengah Kecamatan Bangun Purba untuk empat desa dengan total anggaran Rp9,6 miliar.

Sedangkan dari anggaran Derektorat jendral Sumber Daya Alam (SDA) Balai Wilayah Sungai Sumetra III dan Dinas PU Riau tahun 2013 dianggarkan Rp15,151 miliar, untuk pengadaaan dan pemasangan pipa PVC IKK Rambah Hilir di Kecamatan Rambah Hilir anggaran Rp1,5 miliar dan dari dana APBD atau sharing sebesar Rp400 juta. Kemudian untuk pengadaan dan pemasangan Pipa PVC IKK Ujung Batu di Ujung Batu anggaran Rp2 miliar dana sharing Rp300 juta.

Kemudian untuk pengadaan dan pemasangan piket IPA Baja kapasitas 20 liter per detik lengkap sarana prasana pendukung IKK Kota Tengah Kepenuhan dengan total Rp6,451 miliar dana shearing APBD Rp1 miliar. Lalu alokasi untuk pembangunan kolam Tandon dan Intake sarana dan prasarana air baku di Kecamatan Rambah Samo dengan total Rp4 miliar dan dana sharing Rp5 miliar.

Kemudian untuk detail desain air baku di Pasir Pangaraian Kabupaten Rohul Rp5 miliar, kemudian penyusunan Rancanangan Rencana PSDA (Pengembangan Sumber Daya Anggota) WS Rokan tahap I Rp700 juta.

“Komunkasi dan hubungan baik antara Pemkab Rohul dengan kedua instansi membuat Rokan Hulu memperoleh kucuran dana untuk membiayai sembilan item kegiatan di sembilan lokasi dengan jumlah mencapai Rp33,351 miliar,” tukasnya. (adv/hms)