Wabup Rohul, Ir Hafith Syukri mm menyerahkan hadiah kepada peserta lomba rebana di kecamatan Rambah Samo
Wabup Rohul, Ir Hafith Syukri mm menyerahkan hadiah kepada peserta lomba rebana di kecamatan Rambah Samo

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Wakil Bupati Rokan Hulu, Ir H Hafith Syukri MM mengapresiasi kegiatan Rebana yang di laksakanan Oleh Kecamatan Rambah Samo tahun ini. Pasalnya, Kecamatan Rambah Samo satu-satunya kecamatan yang melaksanakan 4 tahun berturut-turut Festival Rebana di Kecamatan.

“Kita apresiasi Kecamatan Rambah Samo. Sebab hanya Kecamatan inilah yang melangsanakan 4 tahun berturut-turut Festival rebana,” puji Wabup saat menutup kegiatan Festival Rebana dan gong se-Kecamatan Rambah di halaman kantor Camat Rambah Samo, Jum’at malam (5/7/13).

Hafith menyampaikan bahwa Rebana adalah salah satu budaya turun temurun dari nenek moyang. Selain kebudayaan, rebana juga sangat kental dengan agamanya, terutama tembang-tembang yang di nyanyikan anggota rebana.

Oleh itu, tambah Wabup, kesenian rebana ini harus terus dilestarikan dan dikembangkan, sehingga generasi penerus mengetahui betapa indahnya kesenian dan kebudayaan di Daerah ini dan tidak hilang ditelan zaman.

Di acara itu, Wabup juga berjanji kedepan, para kesenian Rebana se-Rokan Hulu akan memperebutkan piala Wakil bupati dalam Fetival Rebana. Dengan total hadiah Rp 5 jt, piala bergilir, dan biaya pembinaan sebesar Rp 10 juta.

“Mari kita terus lestarikan kesenian Rebana hingga ke anak cucu. Kali ini hadiahnya dari kecamatan, kedepan peserta akan memperebutkan piala Wakil Bupati. Kita harapkan peserta terus semangat dari tahun ketahun,” harap wabup. (adv/hum)