Drs H Syamsuar MSi
Drs H Syamsuar MSi

Siak (SegmenNews.com)– Bupati Kabupaten Siak, Drs H Syamsuar MSi, menerima penghargaan Bhakti Koperasi dari pemerintah pusat. Pemberian penghargaan itu, dilakukan di acara puncak HUT Koperasi ke-66 di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Demikian disampailan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Siak, Drs Wan Bukhari MSi, kepada wartawan akhir pekan kemarin.

“Untuk Siak, HUT Koperasi ke-66 telah dilaksanakan di Kecamatan Kerinci Kanan beberapa waktu lalu,” katanya.

Wan Bukhari mengharapkan HUT Koperasi ini, bisa membangkitkan kembali perkoperasian di Kabupaten Siak, terutama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Wan Bukhari.

Dikatakan Wan Bukhari, pembangunan koperasi di Kabupaten Siak sudah
memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat. Apalagi koperasi di daerah ini katanya, sudah menguasai sektor perkebunan dan pertanian.

“Kita lihat dari tahun ke tahun pertumbuhan perkoperasian di Kabupaten Siak cukup baik, apalagi dua tahun belakangan ini. Atas prestasi itu, Bupati Siak mendapat penghargaan Bakti Koperasi dari pusat,” jelasnya.

79 Koperasi tak Aktif
Wan Bukhari menyebutkan tahun 2012 lalu jumlah koperasi di Kabupaten Siak mencapai 275 koperasi. Dari jummlah itu, sebanyak 127 koperasi aktif dan 148 koperasi tidak aktif tapi masih bisa dibina sedangkan 79 koperasi lagi tidak bisa dibina dan akan dibubarkan.

“Koperasi yang akan kita bubarkan tersebut karena dalam beroperasi tidak sesuai azas dan nilai-nilai koperasi. Kalau tidak bisa dibina maka harus dibinasakan agar tidak meresahkan masyarakat,” pungkasnya. (adv)