Bupati Rohul, Drs H Achmad Msi beserta tokoh masyarakat, Sekda Ir Damri dan pejabat lainnya membasahkan kepala dengan air limau
Bupati Rohul, Drs H Achmad Msi beserta tokoh masyarakat, Sekda Ir Damri dan pejabat lainnya membasahkan kepala dengan air limau

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi beserta para pejabat dan masyarakat melaksanakan kegiatan “Potang Bolimau” bertempat di Puja Sera atau kawasan water Front City tepian sungai batang Lubuh PasirPangaraian, Selasa (9/7/2013).

Bupati dan rombongan bergerak dari masjid Al-jami’ Desa babussalam usai melaksanakan sholat ashar berjemaah menuju lokasi perlimauan sebagai tradisi menjelang ramadhan.

dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa mandi dengan air limau atau yang disebut “Potang Bolimau” ini sebagai tradisi dari zaman dahulu untuk membersihkan diri, namun itu hanya secara fisik. Namun yang lenih utamanya adalah Masyarakat umat Muslim harus saling berma’afan agar puasanya diterima oleh allah.

Dalam menjalankan puasa yang ditetapkan Menteri Agama bahwa awal ramadhan besok tanggal 10 Juli, masyarakat haru banyak-banyak melaksanakan ibadah dan melaksanakan kebajikan, seperti melaksanakan sholatberjemaah, perbanyak membaca ayat-ayat suci al qur’an dan menyantuni anak yatik dan fakir miskin.

“Mari kita perbanyak beramal ibadah di bulan yang suci ini. Sebab allah akan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda,” imbuhnya.

Selain itu Bupati menghimbau masyarakat agar meramaikan masjid-masjid untuk melaksanakan taraweh dan bertadarus. Setiap malam selama ramadhan seluruh masjid akan berkumandang pembacaan ayat-ayat suci al qur’an.

Diacar tersebut Bupati juga memberikan santunan kepada anak yatim didampingi istrinya Hj Maghdalisni dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, Drs H Ahmad Supardi.

Ribuan masyarakat yang datang dari berbagai Desa di Rohul berdatangan memadati lokasi acara dan madi di sungai batang lubuh. (adv/hum)