Kadisperindagkop Siak Wan Buchori
Kadisperindagkop Siak Wan Buchori

Siak (SegmenNews.com)– Beberapa jenis sayuran dan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Kabupaten Siak terus mengalami kenaikan. Hal itu di sebabkan naiknya biaya transport sembako dari luar Daerah Siak.

Kadisperindagkop Siak Wan Buchori kemarin menuturkan saat ini mulai ada kenaikan beberapa jenis sembako dan sayuran dan yang naik tersebut rata-rata barang dari luar daerah Kabupaten Siak. Kenaikan itu dikarenakan bertambahnya ongkos atau upah transportasi dan kelangkaan barang.

Saat ini harga cabe yang semula seharga Rp 35 ribu per Kilogram (Kg) menjadi Rp 65 ribu per Kg nya, dan untuk harga daging semula harga Rp 80 ribu menjadi Rp 100 ribu per Kg nya.

“Memang, di pasar kita saat ini beberapa jenis Sembako dan sayuran mengalami kenaikan, dan kita sudah pantau dan diketahui kenaikan itu dikarenakan naiknya upah angkutan atau transportasi,” ujar Wan Buchori.

Selain itu Wan Buchori juga mengungkapkan adanya penurunan harga pada beberapa jenis Sembako, diantaranya telor yang mengalami penurunan Rp 1000 per papannya.”Tidak semuanya naik, ada juga yang turun, seperti telor,” ungkapnya.

Sementara itu Wan Buchori juga mengatakan niatnya untuk menggelar pasar murah untuk jenis sayur-sayuran, tetapi ia harus berkoordinasi dengan intansi terkait untuk mengetahui apakah jenis sayuran bisa dilakukan pasar murah.(rinto)