Bupati Siak H Syamsuar serahkan cenderamata
Bupati Siak H Syamsuar serahkan cenderamata

Siak (SegmenNews.com)– Untuk mengetahui lebih dalam cara pengembangan dan pengelolaan koperasi. Pemerintah Daerah Kabupaten Siak melakukan studi banding ke Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB, Kamis 11/7.

Dalam kunjungan tersebut Bupati didampingi oleh Asisten 2 H Syafrilenti, Kadis Perindag Koperasi dan UKM Siak H Wan Bukhari, Direktur PT Persi Husni dan Ketua KUD Jaya Makmur Rustamari.

Rombongan Bupati di terima langsung oleh plt. Kadis Koperasi dan UMKM Prov. NTB selanjutnya Bupati beserta Rombongan menuju ke KSP Lombok Sejati di Kabupaten Lombok Barat.

Bupati Siak menyampaikan bahwa Koperasi di NTB tentunya sudah bagus, sebab Pemerintahpusat menunjuk Provinsi NTB sebagai tuan rumah peringatan Hari Koperasi ke-66 tahun 2013.

Ketua KSP Lombok Sejati, H.M Supardjito menyambut baik maksud kedatangan rombongan dan merasa berbahagia sekali atas kunjungan sekaligus silaturahmi Pemerintah kabupaten Siak. selanjutnya dirinya menjelaskan panjang lebar latar belakang, visi dan misi dari Koperasi Simpan Pinjam Lombok Sejati.

usaha ini kami lakukan dengan dukungan dari segenap anggota, calon anggota dan mitra usaha, pengurus, pengelola dan pengawas serta tentunta karyawan koperasi Simpan Pinjam Lombok Sejati yang melahirkan berbagai inovasi produk layanan jasa dengan didukung sistem teknologi informasi dan database terkini.

Selama perjalanannya KSP Lombok Sejati didukung oleh 47 karyawan dan telah memberikan pelayanan dalam bentuk pinjaman kepada lebih dari 2000 anggota. visi yang kami emban adalah menjadi koperasi yang sehat, mandiri, serta unggul dibidangnya antara lain bidang jaringan pelayanan, pendanaan, pinjaman, kualitas Sumber Daya manusia dan pendapatan sisa hasil usaha.

KSP Lombok Sejati telah sering mendapat penghargaan baik di tingkat Provinsi maupun di tingkat Nasional, di tahun 2012 yang lalu telah ditetapkan sebagai Koperasi Modern Indonesia (KMI).

Tidak sampai di situ, berkat prestasi yang dicapai KSP Lombok Sejati, setidaknya telah membawa andil besar terhadap pencintraan pertumbuhan koperasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Bukan apa-apa, pada kurun waktu yang sama, daerah yang dihuni suku asli “Sasak” ini telah pula dinobatkan oleh Kementerian Koperasi UKM sebagai Provinsi Penggerak Koperasi, dan sekaligus sebagai provinsi yang paling tinggi pertumbuhan koperasinya di tanah air.

Lantaran itu pula, wajar-wajar saja jika KSP Lombok Sejati juga dikenal sebagai koperasi kebanggaan masyarakat Lombok. jelasnya.

sampai saat ini ada anggota kami yang meminjam dengan jumlah 1 milyar rupiah dengan dengan bunga yang lebih tinggi dari rata rata Bank konvensional. mungkin dari segi pelayanan, kemudahan dan kenyamanan serta pelayanan jemput bola yang menjadikan anggota lebih tertarik meminjam ke KSP Lombok Sejati ini.

selanjutnya Bupati dan rombongan bergerak menuju ke kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa yang langsung diterima oleh Kepala BPMPD Provinsi NTB. Terkait program pemerintah Kabupaten Siak yang memberikan kredit tanpa anggunan.

Menurut Kepala Badan PMPD Provinsi NTB program ini kerjasana antara Pemprov NTB dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di daerah dan seterusnya LSM kita ini melakukan kerjasama dengan LSM yang ada di Bogor. pada tahun 2013 ini kita anggarkan dana sebesar Rp. 3,8 Milyar,”ujarnya.

Diungkapkan Wan Bukhari keberadaan koperasi di Kabupaten Siak belakangan ini terus berkembang. Bahkan sampai tahun 2012 lalu, jumlah koperasi yang terdaftar di dinasnya mencapai 275 koperasi. Namun dari sekian banyak koperasi yang ada, ternyata hanya sekitar 127 koperasi yang masih eksis dan 148 yang tidak aktif namun masih terus dilakujan pembinaan sedangkan 79 koperasi lagi tidak bisa dibina dan akan dibubarkan.

Terkait koperasi yang mati suri alias kurang aktif, Dinas perindag Koperasi UMKM kab Siak terus berusaha untuk mengaktifkkan kembali. Salah satunya melakukan aksi penyuluhan-penyuluhan dan pembinaan.(rinto/hms)