Situasi Lapas Tj Gusta Medan, Kamis (11/7) malam.
Situasi Lapas Tj Gusta Medan, Kamis (11/7) malam.

Medan (SegmenNews.com) – Kerusuhan terjadi di LP Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumut. Sejumlah napi dikabarkan melarikan diri akibat kejadian ini.

Pantauan detikcom, Kamis (11/7/2013), kerusuhan menyebabkan terbakarnya bagian depan kantor LP Klas I Tanjung Gusta, Medan. Asap hitam pun menjulang tinggi. Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran tampak sudah tiba di lokasi untuk memedamkan api. Belum diketahui berapa orang tahanan yang kabur dari LP tersebut.

Kejadian diperkirakan terjadi pukul 19.00 WIB malam, Napi melakukan pembakaran di bagian depan dalam lapas. Setelah api merebak, Napi kembali melakukan pembakaran di bagian lain.

Ratusan petugas kepolisian melakukan pengawalan di sekitar lokasi. Dibantu warga, beberapa orang juga membawa senjata laras panjang. Di duga, sebagian Napi yang ada di dalam lapas hangus terbakar.

Pihak Mabes Polri menyebutkan sekitar 200 narapidana (napi) kabur dari LP tersebut.

“Ada sekitar 200 napi yang kabur,” ujar Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Sutarman usai salat tarawih di Masjid At Taqwa Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Sutarman mengatakan, saat ini pihaknya tengah mendata berapa jumlah pasti tahanan yang kabur. “Itu masih perkiraan sementara, masih dihitung. Petugas masih di TKP untuk pengamanan dan investigasi,” katanya.

Hingga saat ini, suasana LP masih mencekam. Ribuan narapidana menguasai LP dan melakukan perlawanan kepada aparat yang hendak menguasai keadaan.

(sumber : detik & tribun)