ilustrasi
ilustrasi

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Edi Baskoro, yang kerap di sapa Ibas selaku Sekretaris Jendral, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat, sekaligus duta Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) mengakui pengerajin rotan di Kota Pekanbaru sudah mendapat perhatian yang baik dari Pemerintah Kota Pekanbaru.

Hal itu dikatakannya saat mengunjungan pengerajin rotan di Jalan Yos Sudarso, Selasa (16/7). Kujungan tersebut katanya, sebagai ajang silahturahmi ke Masyarakat dalam bulan ramadhan.

lanjutnya, dirinya sudah banyak ia melihat lokasi sentra kreatif yang ada di pekanbaru saat ini sudah terbina dengan baik oleh Pemerintah baik dari segi permodalan maupun kreatifitas. Namun ini masih perlu pembinaan yang lebih lagi lanjutnya. Agar industri kreatif yang bermuatan lokal ini bisa lebih maju dan berkembang lagi.

“Kami lihat potensi rotan di Pekanbaru berkembang, dan kami akan mendorong sehingga bisa mendorong meningkatkan ekonomi kreatif lokal,” terang Ibas.

Ketika ditanyakan kondisi pengerajin rotan Pekanbaru yang masih berada di bangunan tua, Ia justru mengatakan kondisi ini justru lebih baik di banding di kota lainnya di Indonesia.

“Saya merasa ini kunjungan pertama saya ke contoh centra UMKM yang rapi dan tersentral. Ini menandakan UMKM nya sudah di perhatikan Pemerintah. dana bergulir sudah tersalurkan dan ini jadi perhatian pemerintah,” urainya.

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, di lokasi yang sama juga menyatakan akan menyediakan tempat bagi para pengerajin.

“Mereka akan di kumpulkan dalam satu lokasi sentra pengerajin yang kini bangunannya masih di selesaikan. Mereka juga akan di buatkan wadah koperasi, dan berkoordinasi dengan dinas teknis untuk meningkatkan produksi dan penghasilan pengerajin. Kita juga akan bangun ling dengan perbankan untuk mendapatkan skim,” terangnya. (chir/ur)