Kemenag Binaengelola wakaf
Kemenag Binaengelola wakaf

Pekanbaru (SegmenNews.com) – Sebanyak 30 orang pengelola wakaf (Nadzir) kecamatan se-Kabupaten Rokan Hulu,Selasa (16/7) mengikuti pembinaan. Kegiatan ditaja Penyeleggara Syari’ah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, Drs.H.Ahmad Supardi,MA dalam sambutannya mengatakan, persoalan pengelolaan perwakafan saat ini merupakan sesuatu yang terabaikan. Padahal wakaf merupakan sebuah potensi besar dalam rangka memberikan manfaat bagi masyarakat islam.

Untuk memberdayakan wakaf tersebut, menurut Ahmad Supardi, perlu dibentuk Badan Pengelola yang mengurus perwakafan di daerah. Hanya saja, sambung Supardi, untuk di Provinsi Riau sendiri saat ini masih belum terbentuk Badan Wakaf tersebut.

Kendati demikian, dikatakan Ahmad Supardi, untuk Kabupaten Rokan Hulu berencana membentuk Badan Wakaf Kabupaten. ‘’Kita akan segera bentuk, saat ini kita sedang merancang setelah itu akan dibicarakan dengan Bupati,”ujarnya.

Berkaitan dengan Badan Wakaf itu sendiri, menurutnya perlu ada personil pengurus yang betul- betul mengerti tentang wakaf. Disamping itu juga mesti punyainsting atau naluri bisnis yang cukup, hal ini sebagai upaya pengembangan badan wakaf yang produktif dan berkembang.

Diakhir sambutannya, Supardi mengingatkan para Nadzir agar sungguh-sungguh mengikuti pembinaan. Diharapkan, dengan pembinaan ini bisa melahirkan para nadzir yang profesional dan kredibel di bidang perwakafan.

Sementara terkait dengan pelaksanaan kegiatan, menurut Penyelenggara Syari’ah Kan. Kemenag Kab. Rokan Hulu, H. Abdurrahman Jailani,S.Ag mengatakan, pembinaan nadzir dilaksanakan melalui anggaran yang sudah tercantum dalam DIPA BImas Islam Kan.Kemenag Kaupaten Rokan Hulu 2013.

Dalam kegiatan ini, ada beberapa materi yang disampaikan, antara lain, Kebijakan Kementerian Agama Tentang Pembinanan Lembaga Wakaf oleh Kepala Kan.Kemenag Kab. Rokan Hulu,Drs.H Ahmad Supardi,MA, Peran, Tugas dan Pelayanan PPAIW, Problematika dan Persoalan Perwakafan, dan Pembinaan dan Pemberdayaan Nadzir Wakaf.(r4n/rls)