Wabup Siak H Alfedri serahkan bantuan kepada anak yatim pada Safari Ramadhan di Masjid Baiturrahim  Desa Langkai Kec SiakSiak (SegmenNews.com)– Wakil Bupati Kabupaten Siak, Alfedri selaku ketua BAZ Siak menyerahkan zakat dari Badan Amil Zakat (BAZ) Siak sebesar Rp 3,8 Miliar, Selasa (16/7/13).

Alfedri berpesan agar penerima zakat tidak merasa malu menerima zakat. Hal ini disampaikannya sebab zakat merupakan perintah Allah kepada umat islam dan bukan permintaan mustahiq. Disisi lain para muzakki diharapkan kesadaran untuk dapat membayar zakat.

“Para muzakki hendaknya dapat memahami bahwa, zakat merupakan upaya membersihkan harta orang lain yang terdapat dalam harta kita” jelas Alfedri.

“InsyaAllah kalau potensi zakat didesa misalnya besar akan kita kembalikan kepada yang berhak menerima pada desa tersebut. Selama ini 85% zakat masih bersumber dari zakat profesi PNS Pemkab dan Vertikal. Untuk itu kita berikhtiar untuk menggalakkan zakat bersumber dari pertanian dan perkebunan yang merupakan potensi zakat yang cukup besar di Kabupaten Siak disamping potensi zakat dari perdagangan dan perusahaan swasta” papar Alfedri.

Hingga juli 2013 BAZ Kabupaten Siak telah menghimpun dana zakat sebesar 3,8 Miliar Rupiah dan telah disalurkan pada bulan April lalu sebesar 1,8 Miliar Rupiah. Berbagai program penyaluran zakat produktif telah dikucurkan kepada masyarakat sebagai implementasi tujuan zakat mengurangi kesenjangan ekonomi dan memperoleh keberkahan dalam harta.

“Kita harapkan pengumpulan zakat tahun ini lebih besar dari tahun lalu,” harap Wabup. (rinto)