Wabup Ir Hafith Syukri MM menerima rombongan LLAJ Riau di ruang kantor Kebupatian
Wabup Ir Hafith Syukri MM menerima rombongan LLAJ Riau di ruang kantor Kebupatian

Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Wakil Bupati Rokan Hulu, Ir Hafith Syukri MM menyambut kedatangan tim Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi Riau di gedung Bupati Rohul, Selasa (16/7/13).

Kedatangan rombongan tersebut untuk sosialisasi RSPA ( Road safety partner ship action ) di kabupaten Rokan Hulu. hal itu untuk menekan angka kecelekaan di Provinsi Riau dan juga untuk mendukung terlaksananya amanat UU No 22 tahun 2009 pasal 13 dan pasal 226 ayat 3 serta amanat PP no 37 tahun 2011. Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi Riau adakan Sosialisasi RSPA ( Road safety partner ship action ).

Rombongan diketuai oleh kepala sub direktorat keamanan lalu lintas Polda Riau AKBP, Drs andi salaman MH didampingi oleh LLAJ Prov Riau, Dinas PU Provinsi Riau, LSM, perwakilan PT. Chevron.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan bahwa Pemda Rohul mendukung penuh agenda sosialisasi RSPA ini. Apalagi Kabupaten Rokan Hulu ini merupakan jalan lintas ke Sumatra utara dengan angkutan volume yang mulai tinggi, Pastinya membutuhkan koordinasi yang terpadu antara Pemerintah lewat dinas Marga dan perhubungan serta aparat kemanan khususnya lalulintas.

“Dalam kegiatan terpadu ini tentunya membutuhkan tenaga dan koordiasi yang terpadu agar dapat meminimalisir terjadinya angka kecelakaan dijalan,” papar Wabup.

Menurut wabup, di Rokan Hulu sendiri jalan yang agak berbelok terjadi dari rantau berangin sampai ke perbatasan Sumatera utara, dimana ada beberapa ruas titik jalan yang padat sehingga pada waktu lebaran akan terjadi kemacetan, dan kondisi ini tentunya akan mengganggu jalannya arus lalu lintas.

Pemda Rohul juga saat ini tengah membenahi jalan berlobang dan menyediakan alat berat dibeberapa ruas jalan guna mengatasi rusaknya jalan yang digunakan oleh para pengendara baik itu roda dua maupun roda empat. Dengan agenda sosialisasi ini hendaknya dapat memperlanjar jalannya masalah lalu lintas hususnya dikabupaten Rokan Hulu.

Kepala sub Direktorat Keamanan lalu lintas Polda Riau, AKBP Drs Andi Salaman MH yang berlaku sebagai nara sumber memberikan penjelasan tentang pentingnya sosialisasi RSPA terhadap pengguna lalu lintas, dan sebagai langkah awal sangat perlu dibentuknya forum LLAJ dikabupaten Rokan Hulu, untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dalam berlalu lintas.

“Sebagai langkah awal sangat dibutuhkan Forum LLAJ di Rokan Hulu, sehingga di sini ada juga tim pemantaunya. Sehingga masyarakat merasakan adanya perlindungan terhadap pengendara dalam berlalu lintas,” paparnya. (adv/hum)