Firdaus dan wakilnya Ayat bersepeda di Launching bersepedadi halaman Kantor Walikota
Firdaus dan wakilnya Ayat bersepeda di Launching bersepedadi halaman Kantor Walikota

Pekanbaru (SemenNews.com)– Untuk membudayakan penggunaan sepeda di kalangan anak sekolah, Walikota Pekanbaru Firdaus MT, didampingi Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi serta semua pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melaunching Gerakan Sekolah Bersepeda (GSB) di Pekanbaru di hadapan para siswa SD-SMA, Rabu (17/7) di halaman kantor walikota.

Selain serah terima sepeda kepada anak-anak sekolah yang berasal dari kalangan kurang mampu, acara juga meriah karena Walikota dan Wakil Walikota serta Kepala SKPD di Pekanbaru didaulat melakukan devile sepeda mengitari kantor Walikota.

“Targetnya kedepan akan terkumpul sebanyak 400 unit sepeda angin akan di serahkan kepada anak sekolah yang kurang mampu,” ujar Kepala Bagian Humas Kota Pekanbaru Azharisma Rozie, Rabu (17/7).

Walikota Pekanbaru menyatakan, dengan di canangkan pemberian sepeda ini di khususkan bagi anak sekolah yang berdomisili di pinggiran Kota. Firdaus MT,juga berjanji akan menyediakan jalur khusus bersepeda di kota Pekanbaru meski secara bertahap.

“Kita mulai dulu dengan melakukan gerakan bersepeda ini, biarlah ini menjadi bola salju yang menggelinding dan membesar. Anak-anak di harapkan jadi penggerak . Untuk jalur khusus bersepeda kita akan upayakan,” katanya.

Kata Wako, jumlah sepeda yang akan di galang dari sumbangan pribadi mencapai 400 unit. 200 unit di harapkan dari para pegawai di lingkungan Pemerintahan Pekanbaru dan 200 unit di harapkan dari sumbangan pihak swasta.

“Gerakan bersepeda ini adalah awal pemko menata sistem transportasi di Pekanbaru, karena dengan bersepeda banyak keuntungan yang di raih, selain hemat, aman dari kecelakaan juga sehat karena bisa mengurangi polusi udara,” tandasnya. (chir/ur)