Rokan Hulu (SegmenNews.com)– Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, Buka Bersama (Buber) dengan karyawan Bank Mandiri Cabang Ujungbatu, Rabu (17/7/2013) bertempat di Bank Mandiri Ujungbatu.

Hadir dalam acara tersebut, selain Kakan Kemenag Rohul, adalah Kepala Cabang Bank Mandiri Ujungbatu Indra Himawan, Kepala Tim Leather Buisnis Banking Floor (BBF) Bank Mandiri Ujungbatu Hendrawan Syah, Kabid Pemasaran Agus, karyawan/ti, dan keluarga besar Bank Mandiri Cabang Ujungbatu.

Indra Himawan menyatakan, buka puasa bersama ini dilaksanakan, untuk meningkatkan silaturrahim, hubungan persaudaraan, dan meningkatkan kebersamaan diantara sesama karyawan/ti dan keluarga besar Bank Mandiri cabang Ujungbatu, dalam rangka meningkatkan kualaitas kinerja dan kepedulian terhadap tugas.

Ahmad Supardi Hasibuan yang ditunjuk sebagai pemberi tausiyah Ramadhan, dalam ceramahnya menyatakan bahwa ibadah puasa Ramadhan adalah ibadah yang bersifat universal, sebab ibadah ini telah dilaksanakan oleh berbagai umat pemeluk agama, seperti Yahudi, Kristen, Katolik, Hindu, Budha.

Ibadah puasa juga telah dilaksanakan oleh orang Mesir Kuno, Yunani Kuno, India Kuno, Jawa Kuno, dan berbagai bangsa besar lainnya. Bahkan hewanpun, seperti ulat berpuasa untuk menjadi kepompong dan selanjutnya menjadi kupu-kupu yang indah dan mahal harganya, tegas Ahmad Supardi.

Menurut Ahmad Supardi, ibadah puasa Ramadhan memiliki manfaat yang sangat besar bagi umat manusia. Manfaat terbesarnya adalah menjadikan seseorang mencapai derajat taqwa, sebuah derajat tertinggi di sisi Allah SWT. Taqwa ini bahkan dijadikan sebagai tolok ukur, mulia atau tidaknya seseorang di hadapan Allah, tandas Kakan Kemenag.

Ditambahkannya, manfaat lain dari ibadah puasa Ramadhan adalah menjadikan pelaksananya sehat baik fisik maupun mental; dapat mengendalikan hawa nafsu; memiliki rasa simpati dan empati terhadap penderitaan fakir miskin; memiliki sifat kesabaran dan kebijaksanaan; menjadi perisai dari api neraka; dan sebagainya.

Acara buka bersama di akhiri dengan sholat Magrib berjamaah dan makan bersama, sebagai rasa syukur atas berbagai nikmat yang dianugerahkan Allah SWT, termasuk rasa syukur dapat melaksanakan ibadah puasa pada hari itu dan insya Allah hari-hari sesudahnya.(r4n/rls)