Mobil anggota FPI yang dibakar massa (antara)
Mobil anggota FPI yang dibakar massa (antara)

Kendal (SegmenNews.com)– Keributan anggota Front Pembela Islam Temanggung dengan warga Sukorejo, terjadi di tiga tempat berbeda di kawasan itu. Satu orang meninggal, satu mobil dibakar dan sejumlah mobil lainya di rusak.

Korban meninggal adalah Tri Munarti, wanita pengendara motor yang tertabrak mobil milik anggota FPI. Mobil Toyota Avanza hitam AB 7105 SA yang menabrak warga dibakar massa di Desa Wates, Sukorejo, Kendal, pada Kamis sore, 18 Juli 2013. Akibat kejadian ini, sejumlah orang juga mengalami luka-luka.

Keributan terjadi dipicu aksi sweeping puluhan anggota FPI di Sukorejo seharu sebelumnya yaitu pada Rabu, 17 Juli 2013. Mereka berencana mendatangi lokalisasi Alas Karet atau Alaska di Kabupaten Kendal yang mereka anggap tetap buka meski bulan Ramadan.

Belum sempat melakukan sweeping, aksi anggota FPI ini dihadang warga. Keributan tidak dapat dihindari. Namun, bentrokan ini dapat diselesaikan polisi.

“FPI rencana akan sweeping, tapi masyarakat mengetahui dan menghadang. Kemudian terjadi gesekan,” kata Kapolres Kendal, Ajun Komisaris Besar Asep Jenal kepada VIVAnews, Jumat, 19 Juli 2013.

Karena tidak terima, puluh massa FPI Temanggung kembali memasuki wilayah Kendal. Namun, aksi ini dilaporkan kepada polisi sebagai aksi damai. Rombongan kemudian berhenti salat zuhur di Masjid Sukorejo.

Mengetahui ada aksi konvoi, warga bersiaga. Mereka menghadang rombongan FPI saat melintasi kawasan alun-alun. Bentrokan susulan terjadi. Karena kalah jumlah, massa FPI mundur. Saat itulah, mobil Avanza yang ditumpangi mereka menabrak dua pengendara motor yang berboncengan, Tri Munanti (50) dan Suyatmi (35). Karena mengalami luka parah, Tri meninggal dunia.

“Ini pemicunya kecelakaan lalu lintas, warga yang marah mengejar mobil tersebut dan membakarnya,” kata Kapolres Kendal, AKBP Asep Jaenal kepada VIVAnews, Jumat, 19 Juli 2013.

Puluhan massa FPI yang lain menyelamatkan diri di Masjid Sukorejo. Mereka dikepung warga hingga malam hari. Keadaan mencekam dan mereka dievakuasi petugas gabungan dalam kondisi lampu masjid dimatikan.

Tiga anggota FPI ditetapkan sebagai tersangka dalam kejadian ini. Satu tersangka adalah pengemudi mobil Toyota Avanza AB 1705 SA bernama Soni Haryono (38) yang menabrak wanita pengendara motor yang akhirnya meninggal dunia. Dua tersangka lagi Satrio Yuono (22) dan Bayu Agung Wicaksono (22). Mereka kedapatan membawa senjata tajam.

Sumber: vivanews